Milad ke-25 Tahun, Yayasan Ribathul Ukhuwah Gelar Bakti Sosial

Yayasan Ribathul Ukhuwwah adalah sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial dan ekonomi keumatan. Yayasan yang menaungi 5 unit pendidikan yaitu TPA Usamah, RA Usamah 1, RA Usamah 2, SDIT Usamah, dan Pondok Pesantren SMP IT Usamah serta Unit Usaha Ukhuwah (Catering, Laundry, Antar Jemput, Toko dan Koperasi).

Pada 21 Juni 2020 nanti, YRU akan berusia tepat 25 tahun. Sejak berdiri hingga saat ini YRU telah memberikan banyak kontribusi untuk masyarakat kota Tegal dan sekitarnya. Dengan adanya lembaga pendidikan dan unit usaha serta bekerja sama sebagai mitra Lazis Jateng diharapkan semakin memberikan manfaat ke depannya.

Pada hari Jum’at (15/05/2020) yang bertepatan dengan bulan Ramadhan 1441 H, YRU menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dengan nama kegiatan ASMA (Anak Soleh Menyapa Alam) sebagai puncak peringatan 25 tahun YRU dengan tema “25 Tahun YRU, Menebar Maslahat untuk Ummat”. Selain dalam rangka Milad YRU, kegiatan ini merupakan wujud empati keluarga besar YRU pada masyarakat sekitar yang terkena dampak adanya wabah virus Covid-19.

Diani, Humas YRU-SIT Usamah mengatakan penggalangan dana dilakukan melibatkan semua keluarga besar YRU yaitu para wali murid SIT Usamah, guru, karyawan dan pengurus yayasan. Dari pengumpulan dana tersebut terkumpul sekitar 33 juta rupiah, yang kemudian dibentuk menjadi paket sembako sebanyak 550 paket.

“Paket sembako tersebut disalurkan pada warga sekitar lingkungan SIT Usamah, diantaranya RT-RT yang berada di lingkungan RW 12 dan RW 14 Kelurahan Panggung, dan warga sekitar RA Usamah 2 di daerah Waringin, Kec. Tegal Timur,” tambah Diani.

Kegiatan bakti sosial berjalan lancar, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga jarak (physical distancing). Pada tahun ini kegiatan bakti sosial berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya warga yang berhak langsung mengambil paket tersebut di SIT Usamah. Namun tahun ini, mengingat adanya wabah Covid-19, hanya dilakukan penyerahan secara simbolis pada masing-masing ketua RT, yang kemudian para Ketua RT menyalurkan bantuan tersebut pada warga yang sudah didata sebelumnya.

Panitia berharap dengan adanya kegiatan ini semoga dapat membantu warga yang terdampak Covid-19 dan menjadi moment berharga bagi YRU untuk makin memberikan manfaat bagi umat.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?