Serunya Belanja di Pasar

Rabu, 27 februari 2019 pada jam mata pelajaran IPS, siswa-siswi SMP IT Usamah kelas 7 Abu Bakar melakukan sebuah survey ekonomi langsung ke pedagang yang ada di pasar martoloyo. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok. Mereka dibagi menjadi 5 kelompok. Ada yang bertugas mewawancarai pedagang sembako, sayuran, buah-buahan, daging, hingga pedagang makanan tradisional. Tujuan dari kegiatan ini adalah:
1. Siswa dapat mengetahui dan menganalisis keadaan barang yang diperjualbelikan
2. Siswa dapat mengetahui omzet penjualan
3. Siswa dapat memgetahui harga barang yang ada di pasar
4. Melatih siswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat

Sesampainya di pasar, mereka langsung mencari pedangan yang dituju. Pertanyaan yang dilontarkan ke para pedagang antara lain, harga per unit, omzet per hari, hingga jumlah pedagang yg menjual barang yang sama. Mereka sangat antusian, mulai dari memperkenalkan diri hingga asyik bercerita dengan para pedagang.

Sebagai oleh-oleh, mereka pun tak lupa untuk membeli barang dagangan para pedagang yang mereka wawancarai. Ada yang membawa pulang semangka, tahu bakso, sayur-sayuran, hingga aneka jajanan pasar.

Ini kali pertama mereka berkomunikasi langsung dengan para penjual di pasar.
“Ternyata, harga di pasar murah-murah ya.” Celoteh salah satu siswa.
“Pedagangnya juga ramah-ramah, pas kita tanya-tanya harga juga langsung dijawab.” Sahut teman yang lain.

Kegiatan ini ditutup dengan pembuatan sebuah laporan sederhana. Dari laporan tersebut dapat menggambarkan bagaimana kondisi pasar martoloyo, jumlah pedagang yang ada di sana, macam-macam barang yang dijual, hingga pendapatan yang diperoleh pedagang setiap harinya.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?