Siswa Merdeka Belajar dalam Market Day

Selasa pagi, 25 Februari 2020  suasana di lapangan SDIT Usamah Kota Tegal nampak berbeda dari biasanya. Sekitar 89 siswa kelas 5 sibuk menyiapkan stand kecil untuk lapak dagangan mereka dalam kegiatan market day. Persiapan kegiatan ini dimulai sejak 2 minggu sebelumnya. Mereka membuat kelompok sejumlah 5-6 siswa.

Kelompok ini merancang proposal bisnis yang di dalamnya tertera nama produk, rincian biaya produksi, cara membuat produk hingga mendesain iklan untuk produk mereka. Selanjutnya, proposal bisnis tersebut disetujui oleh guru. Masing masing kelompok diberi modal usaha. Selesai berjualan, mereka belajar menghitung hasil penjualan, mencocokan jumlah modal dengan uang penjualan yang didapat untuk mendapatkan laba/keuntungan.

“Acara market day ini bertujuan sebagai mengaplika sikan materi tematik yaitu kegiatan ekonomi yang didalamnya mencakup kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Selain itu siswa juga belajar tentang cara membuat iklan,” tutur Bu Diyah Ayoe Ningsih, S.Pd. selaku penanggungjawab acara.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi sarana dalam meneladani dan mengikuti jejak Rasulullah dan para sahabat sebagai saudagar muslim yang jujur, mengasah jiwa enterpreuner di masa depan seperti sosok Abdurrahman bin Auf yang pandai berniaga, dan Usman bin Affan yang dermawan.

Antusiasme untuk meramaikan market day ini sangat besar, baik dari siswa, guru maupun para orangtua siswa. Produk yang dijual cepat habis dari waktu yang diperkirakan. Siswa mulai menjajakan dagangan mereka mulai pukul 08.00 dan selesai pukul 10.00. Para pembeli juga dibuatkan antrian agar lebih tertib. Mereka menggunakan voucher Usamah sebagai alat tukar dalam transaksi jual beli. Produk yang dijajakan adalah berbagai makanan dan minuman seperti nasi kari, donat, puding, es krim, milk shake, dan aneka jajanan menarik lainnya.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?