SMP IT Usamah Boarding School Melatih Kepemimpinan Dengan OSIS

unnamed

Masa muda merupakan masa keemasan, masa produktif. Masa yang paling gemilang untuk mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya menuju akhirat. Sehingga Islam sangat memperhatikan kepada para pemuda. Demikian halnya dengan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau sangat memberikan perhatian kepada para pemuda. Di antaranya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Tujuh orang yang akan dilindungi oleh Allah pada hari yang tidak ada perlindungan kecuali perlindungan-Nya, (yaitu) pemimpin yang adil dan seorang pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah. [Muttafqun alaihi].

Tanggung jawab untuk terbentuknya pemuda-pemuda tangguh dan generasi yang taat, itu merupakan kewajiban dan tugas yang besar bagi para orang tua dan pendidik, agar mendidik anak-anaknya semenjak dini dengan pendidikan yang benar, yaitu pendidikan yang diajarkan oleh Islam.

SMP IT Usamah yang merupakan sekolah boarding yang menerapkan system pembelajaran asrama dan sekolah mendidik para santri untuk menjadi pemuda yang berakhlaq qur’ani, unggul dan berprestasi, dalam rangka mengisi hari libur idul adha, santri SMP IT Usamah mengadakan pemilihan ketua OSIS. Kegiatan OSIS sendiri merupakan wadah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dan menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa.

Dalam rangka pemilihan Ketua OSIS, para santri melaksanakan kegiatan pemilihan ketua yang dikemas dengan kegiatan sangat menarik. Kegiatan sehari ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh para santri. Kegiatan ini dimulai sekita pukul 07.30, para santri melakukan long march dari asrama masing-masing menuju kampus SIT Usamah. Setelah melakukan kegiatan long march dan outbond yang menyenangkan para santri menerima materi keorganisasian dan kepemimpinan dari Ustadz Nurcholis, S.Pd.I selaku Kepala SMP IT Usamah Boarding School.

Pemilihan ketua OSIS sendiri dilakukan dengan beberapa sesi, pertama pencalonan, dimana para santri boleh mengajukan teman atau bahkan dirinya sendiri menjadi bakal calon ketua, kedua seleksi, seleksi dilakukan oleh ustadz dan ustadzah berdasarkan beberapa criteria diantaranya: banyaknya hafalan, amal yaumi(amal harian), prestasi di sekolah dan kecakapan secara umum. Ketiga, kesediaan, santri yang dinyatakan lolos seleksi ditanya mengenai kesiapan apabila terpilih menjadi ketua ataupun bila gagal, pada tahap ini santri yang diajarkan untuk mempersiapkan mental, bila terpilih maka bersiap menerima tanggung jawab, bila tidak terpilih supaya tidak berkecil hati, karena sesungguhnya amanah akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT kelak. Sesi terakhir yakni, musyawarah untuk mufakat .

Meski terkesan sederhana, namun jika berkaitan dengan kepentingan bersama, langkah ini adalah yang terbaik untuk mendapatkan solusi yang baik. Kekeluargaan harus menjadi asas tertinggi dari musyawarah mufakat yang menjadi dasar dari pelaksanaannya dan tidak boleh dipisahkan darinya. Hal ini mendasari pentingnya komunikasi yang efektif dan bermartabat dalam menyampaikan pendapat kepada forum musyawarah. Setelah serangkain kegiatan telah berlangsung, terpilihlah ketua OSIS SMP IT Usamah periode 2016/2017 yakni M. Raihan Uwaiz Al Qarni dari Kelas 8 Abu Bakar As-Siddiq. Semoga menjadi pemuda yang amanah dan mampu menjalankan tugasnya menjadikan OSIS sebagai organisasi yang aktif dan produktif.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?