ADA APA DENGAN TPA USAMAH???

TPA OKE 4Fenomena keluarga masa kini, ayah ibu keluar rumah untuk melakukan aktifitas dalam durasi yang cukup lama. Dilatarbelakangi oleh berbagai macam faktor, dari masalah memenuhi kebutuhan ekonomi sampai alasan untuk aktualisasi diri memanfaatkan ijasah dan gelar akademik yang disandang dan melekat pada diri bahkan ada kalanya untuk menaikkan status sosial atau pun motivasi-motivasi lain yang mengiringinya.

Kalau boleh dikatakan sebagai gejala sosial maka hal tersebut menimbulkan dampak sosial yang cukup menjadi masalah terutama bagi pasangan pendatang  yang mempunyai anak balita dan jauh dari sanak saudara. Mau dibawa kemana anak-anak yang masih butuh pengasuhan dan layanan serta lingkungan sosial yang cocok dengan usianya tersebut?

Dibawa ke tempat kerja orangtuanya, jelas tidak mungkin. Alternatif yang dipilih mungkin mencari asisten rumah tangga sebagai satu solusi. Tetapi hal ini terkadang tidak mudah juga dilakukan.

Mengingat dan menimbang berbagai hal, ternyata tidak gampang menemukan orang yang benar-benar cocok sesuai kriteria yang kita inginkan. Sayang anak, ramah, telaten, cekatan, paham ilmu pendidikan anak, jujur, rajin bekerja, penurut, tidak meminta gaji yang tinggi dsb (mungkin anda bisa menambahkan daftar kriteria yang saya sebutkan).

Menjawab tantangan tersebut banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan PAUD khususnya di kota Tegal mencoba menawarkan solusi mengatasi persoalan di atas. Tentu sesuai dengan ciri khas lembaga masing-masing. TPA (Taman Penitipan Anak) USAMAH adalah sebuah layanan pendidikan khusus usia BATITA (Bayi Tiga Tahun) yang hadir di kota Tegal untuk membantu para ayah bunda dalam mendampingi putra-putrinya selama bekerja di luar rumah. TPA USAMAH diasuh oleh Para Pendidik yang capable di bidangnya, penuh kasih sayang, perhatian dan agamis guna memenuhi kebutuhan psikologis anak. Berlokasi di lingkungan yang aman dan mudah diakses dengan halaman main outdoor yang cukup, membuat anak leluasa bermain sehingga bisa tumbuh dan berkembang kemampuan sosial dan motoriknya.

“Mas Habibi, sepertinya tempat bermainnya berantakan, mari kita rapikan bersama,” ajak Ustadzah Ela. Habibi yang masih berusia 1,5 tahun bergegas merapikan tempat bermainnya. Tidak hanya Habibi, Hasan dan  Aqila pun turut membantu. Meletakkan mainan pada tempatnya kembali supaya  rapi.

Stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan memperhatikan aspek – aspek nilai agama dan moral, sosio emosi, ranah kognitif, stimulasi bahasa, perkembangan motorik serta penyaluran potensi seni adalah kegiatan yang kami lakukan secara terprogram. Dilengkapi juga dengan kegiatan outing class, berenang dan  fun cooking serta home visit yang menceriakan dunia mereka.

Oleh karena itu TPA USAMAH layak menjadi salah satu solusi alternatif untuk mendampingi proses tumbuh kembang BATITA.

“Salah dalam membangun sebuah
gedung bisa diperbaiki”

“Salah dalam mendidik generasi
tak kenal kata remidi “

“Anak adalah amanah Illahi yang akan
dipertanggungjawabkan suatu hari nanti “

ditulis oleh: Oleh: Ustadzah Eliyati, A.Md. (Kepala TPA Usamah Kota Tegal)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?