ASMA 2016 SDIT Usamah

DSC02234Anak Sholeh Menyapa Alam atau yang akrab disebut ASMA, merupakan sebuah agenda bakti sosial yang rutin diadakan setiap Ramadhan oleh SDIT Usamah. Bakti sosial ini adalah hasil dari siswa-siswi SDIT Usamah dalam mengumpulkan paket sembako dan berbagai sumbangan pakaian bekas layak pakai. ASMA 2016 kali ini sama seperti tahun sebelumnya, diselenggarakan disekitar halaman SDIT Usamah. Terdapat sekitar 500-an paket sembako yang diberikan secara gratis kepada warga yang hadir. Setiap KK hanya mendapat 1 kupon yang akan ditukarkan dengan sebungkus sembako yang berisi berbagai jenis kebutuhan pokok. Sembako gratis diberikan kepada warga yang membutuhkan di sekitar lingkungan SDIT Usamah. Selain sembako gratis ada pula bazar murah, seperti pakaian bekas pakai, sembako murah yang dijual di bawah harga pasaran.

Meski siswa-siswi SDIT Usamah tidak terlibat langsung dalam kegiatan bakti sosial ini dikarenakan libur, terdapat banyak hikmah yang terkandung dalam kegiatan tersebut, selain mereka diajarkan untuk menunaikan zakat sedini mungkin, hikmah zakat lainnya, yaitu:

  • 1. Zakat termasuk rukun Islam yang harus senantiasa dikerjakan yang menjadikan seseorang merasakan kebahagiaan di dunia dan juga di akhirat kelak.
    2. Zakat adalah sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bisa meningkatkan keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT.
    3. Bagi umat Islam yang membayar zakat akan mendapatkan pahala yang besar. Seperti yang tersirat di dalam firman Allah di Qs. Al-Baqarah: 276 yang menerangkan “ Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah”.
    Dengan membayar zakat, Allah berjanji akan menghapus segala dosa yang dimiliki seseorang. Seperti yang tertuang di dalam sabda rosullullah yang menyatakan “sedekah itu memadamkan kesalahan, sebagaimana air memadamkan api”. Maksud sedekah tersebut adalah zakat dan segala sedekah.
    4. Zakat termasuk rukun Islam yang harus senantiasa dikerjakan yang menjadikan seseorang merasakan kebahagiaan di dunia dan juga di akhirat kelak.
    5. Zakat adalah sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bisa meningkatkan keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT.
    6. Bagi umat Islam yang membayar zakat akan mendapatkan pahala yang besar. Seperti yang tersirat di dalam firman Allah di Qs. Al-Baqarah: 276 yang menerangkan “ Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah”.
  • 7. Dengan membayar zakat, Allah berjanji akan menghapus segala dosa yang dimiliki seseorang. Seperti yang tertuang di dalam sabda rosullullah yang menyatakan “sedekah itu memadamkan kesalahan, sebagaimana air memadamkan api”. Maksud sedekah tersebut adalah zakat dan segala sedekah.

    Please follow and like us:

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    × Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?