BAQU Gelar Pesantren Kilat Al-Qur’an

Baitulqur’an Ukhuwah (BAQU) merupakan lembaga pendidikan non formal yang berada di bawah naungan Yayasan Ribathul Ukhuwah (YRU). Bertepatan dengan liburan pada waktu yang lalu, tepatnya 27 Juni – 6 Juli 2022 selama 9 hari dilaksanakan pesantren kilat dengan tajuk “Pesantren Liburan Al-Qur’an BAQU”.
Kegiatan yang berlangsung di sekretariat BAQU Jl. Waringin Gg. 9, RT.02/RW. IV Kelurahan Mintaragen Tegal tersebut diikuti oleh 110 santri dari usia 6 – 12 tahun, dari jenjang TK dan SD. Selain dari RA Usamah dan SDIT Usamah, santri berasal dari SD Muhammadiyah, SD Al-Irsyad, SD Budi Mulia, SD Bias dan bahkan dari SD Negeri lainnya.

“Pesantren liburan Al-qur’an ini diadakan pada saat waktu liburan sekolah bertujuan memanfaatkan waktu liburan bersama al-quran,” ungkap Sugiarti, Kepala BAQU.
Para santri terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang menjadikan para guru juga semangat dalam menyampaikan materi. Pendamping kegiatan ini adalah guru-guru Al-Qur’an dari BAQU dibantu TPQ Usamah bin Zaid sebanyak 15 orang. Materi yang diajarkan yaitu tahfidz, tahsin, tajwid, akidah akhlak, Bahasa Arab, praktek berwudhu dan sholat yang khusyu.

Selain kegiatan belajar di kelas, ada berbagai kegiatan variasi diantaranya eri tetapi disini kita isi dengan kegiatan senam, nonton film motivasi dan kisah sahabat serta tidak ketinggalan yaitu games. Selain itu, kita mengadakan beberapa lomba, seperti lomba adzan, melipat mukena, memakai sarung, berwudhu, tartil serta tahfidz. Kegiatan pesantren kilat ini diakhiri dengan Malam Bina Iman Takwa (MABIT) yang diikuti oleh kelas 4-6 dan jalan-jalan pagi sekitar lingkungan Baitulqur’an Ukhuwah.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, para santri dapat lebih dekat dengan Al-Qur’an, menjadi lebih mandiri, dan rajin sholat lima waktu. Semoga pada liburan yang akan datang bisa diadakan kembali pesantren seperti ini,” pungkas Sugiarti.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?