Diani,S.Pd. Penggerak Literasi SIT Usamah

Gerakan literasi menjadi salah satu bagian penting dari pelaksanaan Kurikulum 2013. Sejak Kurtilas digulirkan, gerakan literasi sekolah yang berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis mulai digalakkan, termasuk di SIT Usamah.

Selain proses pembelajaran dan pendidikan karakter, literasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum 2013. Kemampuan berliterasi meliputi melihat, menyimak, berbicara, membaca, dan mencipta. Diharapkan siswa gemar membaca dan pada akhirnya dapat diaplikasikan dalam sebuah tulisan. Tujuan literasi itu sendiri tentunya menumbuh kembangkan budaya literasi, menumbuhkan budaya membaca serta menulis, meningkatkan karakter, serta melaksanakan literasi dalam pembelajaran.

Pendidik SDIT Usamah yang sekarang menjadi Kabid Humas YRU-SIT Usamah ini menjadi motor penggerak literasi di SIT Usamah. Pada tahun 2016 menjadi bagian dalam melahirkan Buletin Usamah, dan saat ini beliau menjadi Pimpinan Redaksi Buletin Usamah yang diterbitkan setiap bulan untuk mewadahi karya guru dan siswa SIT Usamah. Pada tahun 2018 merintis Ekskul Jurnalistik di SDIT Usamah bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena Cabang Tegal.

Aktivitas literasinya tidak hanya berkutat di SIT Usamah, namun terlibat dalam roadshow Gerakan Tegal Membaca yang digerakkan oleh TBM Sakila Kerti. Tepatnya pada tanggal 1 Maret 2019, dengan adanya Implementasi Gerakan Tegal Membaca di SDIT Usamah, diresmikan pula Komunitas Jejak Pena SIT Usamah, sebuah komunitas sebagai wadah untuk guru dan siswa dalam mengembangkan kemampuan dalam berliterasi. Alhamdulillah sejak dirintisnya KPJ SIT Usamah dibawah binaan Diani, telah menerbitkan 3 buku antologi yaitu Sekolahku Jejak Masa Depanku (2019), Meniti Asa di Sekolahku Tercinta(2019) dengan pengantar dari Kadisdikbud Kota Tegal Dr. Johardi dan yang terbaru Corona Pergilah Aku Rindu Sekolah (2020) yang diberi pengantar oleh Ibu Walikota Tegal (Bunda Baca) dr. Hj. Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon.

Selain menghasilkan karya bersama guru-guru dan siswa SIT Usamah, Diani memiliki berbagai karya yang telah diterbitkan berupa 7 Buku Antologi Puisi ( Kelindan Cinta Untukmu Sahabat, Opera Cinta dalam Sebait Puisi, Ayah Bangsa, Api, Menapak Waktu, Sabda Alam, & Negeri di Atas Kertas ), 2 Buku Kumpulan Fabel dan Cerita Anak. Salah satu cerita anak hasil karyanya menjadi pemenang favorit dalam lomba Mengarang Cerita Anak Guru TK/SD yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan Perpusda Kota Tegal dan diterbitkan dalam buku “Izinkan Aku Menari” (2019).

“Saya mulai aktif di dunia literasi (baca tulis) sejak dibangku kuliah dan hobi membaca sejak masih kecil. Harapan saya dengan semakin hidupnya dunia literasi di sekolah, anak-anak dan rekan-rekan guru semakin gemar membaca sehingga pada akhirnya mampu menuangkan gagasan dalam tulisan,” ungkapnya.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?