Ekskul Berenang RA Usamah

DSC07295
Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang & memanah (Riwayat Sahih Bukhari /Muslim). Kita tahu bahwa anak-anak pasti suka bermain air, apalagi bermain air bersama. Anak-anak bisa betah berjam-jam berada di dalam air, selain menyegarkan, bermain air adalah salah satu aktifitas bermain yang sangat menyenangkan bagi anak. Tidak hanya itu, berenang pun punya segudang manfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.
Itupun yang dilakukan siswa dan siswi RA Usamah yang mempunyai waktu khusus setiap pekan pada hari Sabtu untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler berenang. Anak-anak sangat antusias saat keberangkatan menuju kolam renang “Muri” yang ada di kawasan SPBU Muri, Dampyak, Kab. Tegal. Sabtu ini, kolam renang “Muri” lebih lengang dari biasanya dikarenakan siswa-siswi SD masih melaksanakan UTS.

DSC07282

Beberapa saat setelah sampai di arena kolam renang, pelatih ekskul berenang mereka, Pak Bambang ternyata sudah menunggu. Setelah melakukan pemanasan, anak-anak yang sudah tidak sabar segera meluncur ke kolam renang. Pada awal berenang, mereka berlatih mengayunkan kaki di kolam khusus anak. Anak-anak berlatih supaya dapat menyeimbangkan ayunan kaki ketika berada di dalam air. Anak-anak tampak menikmati proses ini, mereka dapat mengayunkan kaki agar seirama saat di dalam air.

Saat dirasa cukup, pelatih melanjutkan latihan selanjutnya yakni latihan menahan nafas di dalam air.5 Dengan saling berpegangan tangan antara satu dan lainnya, maka dalam hitungan ke-5 mereka menenggelamkan kepala dan menahan nafas selama beberapa detik, ini bertujuan untuk mengatur ritme nafas ketika berada di dalam air. Latihan awal telah selesai dan mereka pun berpindah ke kolam renang yang lebih besar dan lebih dalam untuk mempraktekkan semua latihan tadi.

DSC07341Pak Bambang melatih anak-anak meluncur, beberapa anak sudah mulai bisa mempraktekkan serangkaian latihan tadi dengan sangat baik, tetapi bukan anak-anak namanya bila tak bertingkah lucu dengan bermain semaunya bersama anak lainnya. Terlihat pula Lukman yang sedang asik bersantai di tepian kolam, seperti tak menghiraukan anak lainnya, Lukman lebih asik menikmati waktunya sendiri dengan bermain air sambil tidur-tiduran, serasa di pantai :). Tak terasa sudah 1 jam anak-anak berada di dalam air, beberapa anak bergegas menuju kamar bilas, tetapi anak-anak lainnya masih betah berlama-lama di dalam air, ada yang masih berlatih bersama Pak Bambang, ada pula yang masih asik bermain bersama anak lainnya. “Seneng ustadzah, segerrr,”ucap Syifa, salah seorang siswi PAUD yang sudah mulai mahir berenang. Ekskul pekan ini pun selesai, anak-anak sudah rapi dan wangi segera menuju mobil jemputan yang akan mengantarkan mereka kembali ke sekolah, senyum merekah dan rona bahagia terpancar dari raut wajah anak sholih dan sholihah penerus bangsa ini.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?