Gobak Sodor, Permainan Tradisional Yang Mengasyikan

gobak sodorSeiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern, maka kini semakin banyak pula permainan-permainan yang sangat canggih dan didukung dengan teknologi tinggi, dan  biasanya permainan-permainan ini ditujukan bagi anak-anak. Hal ini membuat kita harus ekstra memilihkan permainan yang aman untuk anak, permainan yang baik dalam hal ini adalah permainan tradisional, Gobak Sodor.

Permainan gobak sodor dimainkan di atas lapangan berbentuk segi empat dengan ukuran lapangan 9 x 4 meter yang dibagi menjadi 6 bagian. Bagian- bagian tersebut dibatasi dengan garis pembatas.

Permainan gobak sodor dimainkan oleh dua tim, yaitu tim yang satu bergerak secara vertikal dan tim lainnya bergerak secara horizontal. Biasanya terdapat satu orang yang berjaga pada tiap garis batas vertikal. Tugas anggota tim yang menjaga garis batas vertikal tersebut adalah menghalangi jalannya anggota tim yang berjalan secara horizontal. Oleh karena itu permainan ini sangat mengasikkan dan dibutuhkan fisik yang kuat serta analisis yang baik.

Permainan Gobag Sodor ini sangat menarik dan menyenangkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus berjaga dan berlari secepat mungkin. Manfaat lain dari permainan gobag Sodor ini adalah, melatih kerja sama dalam tim, melatih kepemimpinan, mengasah kemampuan otak, mengasah kemampuan mencari strategi yang tepat, dan meningkatkan kekuatan dan ketangkasan. Selain itu, permainan tradisional Gobag Sodor ini bagi anak-anak khususnya mempunyai manfaat, anak-anak akan diajari bagaimana menghadapi dan menyelesaikan konflik yang terjadi antar teman .

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?