Guru SDIT Usamah Kreatif Membuat Konten Pembelajaran Daring

Situasi pandemi yang masih belum reda mengharuskan siswa siswi SDIT Usamah melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. Hal ini menjadikan para guru perlu membuat konten-konten pembelajaran untuk menyampaikan materi kepada siswa.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam memproduksi konten pembelajaran daring. Menurut Ita Catur Purnama, S.Pd. dan Atika Nur Azizah, S.Pd., selaku guru kelas 3 SDIT Usamah, beberapa langkah dalam pembuatan video pembelajaran yaitu dengan menentukan materi yang akan dibahas, membuat konsep video, proses perekaman, mencari ilustrasi pendukung, menggabungkan video dan mengevaluasi video sebelum dipublish. “Jika sudah fix maka video kami bagikan ke siswa, jika belum akan dilakukan pengeditan video sampai dirasa sudah cukup baik,” tutur Atika.

Dalam pembuatan konten, seringkali guru menemukan berbagai kendala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain proses merekam audio/visual yang membutuhkan beberapa take agar mendapatkan hasil yang diinginkan, editing video yang memerlukan ketelitian dan kesabaran, serta ketersediaan memori media. Jika memori tidak mencukupi, maka video akan terpotong saat proses penyimpanan, alhasil guru harus kembali mengulang proses editing.

Ada kelebihan dan kekurangan dalam penyampaian materi lewat konten pembelajaran daring. Guru bisa lebih kreatif mencoba berbagai media pembelajaran baru serta memiliki lebih banyak waktu untuk koordinasi bersama tim. Namun di sisi lain materi belajar yang disampaikan dan pembentukan karakter siswa menjadi kurang maksimal karena guru dan siswa tidak melakukan tatap muka langsung.

Dari pembuatan konten-konten pembelajaran daring ini, diharapakan bisa mengurangi kejenuhan para siswa dan tetap semangat mengikuti pembelajaran jarak jauh. “Video pembelajarannya bagus dan kreatif. Anak-anak menjadi tertarik mengikuti pembelajaran lewat daring, “ ungkap Sujarwo ayah dari Luthfi salah satu siswa kelas 3.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?