Halaqoh Gabungan Orangtua Murid PAUD IT dan SD IT Usamah

Salah satu kegiatan POMG(Persatuan Orangtua Murid dan Guru) adalah adanya halaqoh.”Halaqah adalah kelompok pengajian Islam dengan jumlah anggota terbatas”(biasanya tidak lebih dari 12 orang) (Satria, 2006).

Dari definisi di atas halaqah berfungsi untuk mengkaji Islam. Setiap muslim di wajibkan menuntut ilmu termasuk ilmu Islam dan halaqah adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mempelajari Islam. Karena dilakukan secara rutin dan jumlah pesertanya terbatas sehingga harapannya peserta dapat memahami materi yang disampaikan dengan mudah, selain itu peserta juga bisa lebih aktif. Sehingga banyak yang menyebut bahwa halaqah adalah sebuah kebutuhan asasi perlu diprioritaskan. Halaqoh yang pada kesempatan kali ini diadakan di Musholla Al-Amin, Surabayan, Panggung, yang diikuti orangtua murid PAUD IT dan SD IT ini merupakan gabungan dari kelompok halaqoh yang sudah ada dan diadakan berkala setiap satu bulan sekali.DSC04597 Jumlah peserta yang hadir tidak seperti biasa karena satu dan lain hal hanya berkisar 40 orang, yang biasanya bisa mencapai 60 peserta tidak menyurutkan semangat ibu-ibu untuk menggali ilmu islam.

DSC04595

Panitia Halaqoh dari Grup Humairah

DSC04600
Pukul 09.00 ibu-ibu sudah mulai berdatangan dan mengisi buku absen

DSC04603
Acara dimulai dengan pembacaan dzikir Al Matsurat bersama
DSC04604

DSC04607

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Acara selanjutnya Pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ibu Dias Fitriyani orangtua dari ananda Arshia Cameela Yanuar kelas B4 RA IT Usamah dilanjutkan dengan sari tilawah oleh Ibu Monalisa orangtua dari ananda Karenia Mayzia Nurofik kelas B5. Tausiyah diisi oleh Ustadzah Eni Purwanti musrifah SMP IT Usamah Boarding School.

Ada 4 hal yang menjadi poin utama dari tausiyah yang bertemakan Kewajiban Seorang Muslimah terhadap orangtua di sampaikan Ustadzah Eni antara lain :

  • 1. Berbuat baik saat orangtua masih hidup
  • 2. Mendo’akan
  • 3. Mengutamakan kebaktian kepada mereka daripada yang lain karena Alloh
  • 4. Berbakti kepada mereka setelah wafat dengan menyambungkan silaturahmi terhadap sahabat dan karib kerabat orangtua


    DSC04608

    Suasana saat tausiyah berlangsung
    DSC04615
    Semangatnya ibu-ibu dalam mengikuti halaqoh

    DSC04618

    Please follow and like us:

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    × Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?