Hijab Baru di Tahun Ajaran Baru

smp it 1Kegiatan wajib bagi para santri setelah kegiatan kepesantrenan di asrama yakni belajar di sekolah.

Asrama untuk santri putra dan putri terpisah, begitu juga dengan kehidupan keseharian santri putra dan putri terpisah pula.

Dan memasuki awal tahun ajaran baru 2016/2017, ada yang tampak berbeda dari ruang kelas SMP IT Usamah. Santri putra dan putri yang berada dalam kelas yang sama diberi sebuah hijab (pembatas). Hal ini sudah diberlakukan pada santri kelas 7 dan kelas 8.

Marilah kita perhatikan sabda Rosulullah shollallohu ‘alaihi wasallam: “Suruhlah anak-anak kalian sholat pada usia 7 tahun, dan pukullah mereka jika tidak mau melaksanakannya pada usia 10 tahun, serta pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Ahmad dan yang lainnya, dalam Shohiihul Jaami’ no. 5868)

Sungguh ini adalah adab dan akhlak yang sangat mulia yang disampaikan oleh Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam. Dengan saudara kandung saja harus dipisah tempat tidurnya pada usia 10 tahun, apalagi yang bukan mahromnya.
Bagaimana kalau hal ini diterapkan di sekolah? Tentu ini adalah keputusan yang tepat dan berani dalam menjaga kehormatan anak-anak dan keluarga kita.

Kalau anak-anak sudah mengenal batasan-batasan pergaulan antara lawan jenis di sekolah dengan batasan yang jelas antara laki-laki dan perempuan, maka insya Alloh nilai yang mulia ini akan tertanam kuat dan menjadi karakter dan kepribadian yang baik.

Please follow and like us:

2 thoughts on “Hijab Baru di Tahun Ajaran Baru

  • 9 Agustus 2016 pada 13:17
    Permalink

    Selamat belajar, anak2 generasi emas. Kami bangga melihat semangat dan keceriaan kalian…

    #alQuranmencerahkan

    Balas
    • 10 Agustus 2016 pada 11:03
      Permalink

      Insya Allah ustdaz… jazakallah khair

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?