Jasa Orangtua Sangat Berharga

Teman-teman yang aku sayangi karena Allah. Aku mau bertanya, ”Apakah kalian menyayangi orangtua kalian?” Tahukah teman-teman, bahwa Ayah dan Ibu sangat menyayangi kita. Dan kalau boleh jujur nih, sejauh manakah kalian menyayangi orangtua? Atau justru kalian sering marah dengan mereka atau bahkan membuat mereka marah? Kalau pertanyaan terakhir jawabannya Iya, marilah kita bersama-sama memohon ampun kepada Allah, Astaghfirullahal ‘adziem.

Teman-teman, orangtua sangat berjasa kepada kita, itu mengapa dalam Al-Qur’an dan hadist disebutkan banyak sekali keutamaan berbuat baik kepada orangtua. Karena begitu besar jasa mereka terhadap kita, anak-anaknya. Bahkan Nabin telah menjadikan bakti kepada orang tua lebih diutamakan daripada berjihad di jalan Allahl. Disebutkan dalam shahihaian dari ‘Abdullah bin Mas’udz, ia berkata yang artinya:

“Aku bertanya kepada Nabi; “Amalan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab,”Shalat pada waktunya.” Aku bertanya lagi: “Kemudian apa lagi?” Beliau menjawab,”Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi: ”Kemudian apa lagi?” Beliau menjawab,”Berjihad di jalan Allah.”

Jika perasaan marah teman-teman terhadap orangtua muncul karena satu dua hal keinginan kita yang belum mereka wujudkan, bersabarlah. Karena begitu banyak yang mereka berikan bahkan yang tidak kita minta. Ingatlah betapa besar jasa mereka, Ibu mengandung selama 9 bulan dalam keadaan susah, melahirkan kita dengan bertaruh nyawa, belum lagi saat menyusui kita selama 2 tahun dan menyapih kita. Mendidik dan merawat kita dari bayi sampai dengan sekarang kita dapat tumbuh besar dan sehat. Ayah yang bekerja mencari nafkah demi mencukupi kebutuhan keluarga siang dan malam, meski lelah beliau tetap memberikan perhatiannya pada keluarga. Mereka memberikan semua yang mereka punya hanya untuk melihat senyum bahagia anak-anaknya. Lalu pantaskah berbuat tidak layak pada mereka? Bahkan kebaikan yang kita lakukan pun belum cukup untuk membalas segala kebaikan orangtua kita, lantas apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai wujud bakti kita terhadap orangtua?

1.Bergaul bersama keduanya dengan cara yang baik
2. Berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut.
3. Bersikap Tawadhu’ (rendah hati).
4. Menyenangkan hatinya
5. Mendo’akan kedua orang tua

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku),
sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Ditulis oleh: Amelia Cesari Putri (Siswa SDIT Usamah kelas 6 Ilyasa)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?