Jenis – jenis Pola Asuh Anak

Oleh: Atfiyanah, S.Psi

Anak adalah amanat bagi orang tua, hatinya yang suci bagaikan mutiara yang bagus dan bersih dari setiap kotoran dan goresan. Anak merupakan anugerah dan amanah dari Allah kepada manusia yang menjadi orang tuanya. Oleh karena itu orang tua dan masyarakat bertanggungjawab penuh supaya anak dapat tumbuh dan berkembang manjadi manusia yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya.

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, tetapi bukan pula perkara yang harus dianggap sulit. Sesuai dengan firman Allah SWT pada QS. At-Tahrim ayat 6, Yang artinya:“Haiorang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluarga mu dari api neraka” (QS. At-Tahrim: 6).
Sesuai dengan firman tersebut, kita dihimbau agar memelihara keluarga kita dari api neraka.
Pemeliharaan bisa dilakukan dengan mendidik keluarga terutama anak dengan pendidkan yang tepat.
Mendidik anak tidak lepas dari pola asuh orang tua terhadap anak.

Ada beberapa jenis pola asuh yang lazim diterapkan dalam mendidik anak, yaitu:
a. Pola Asuh Authoritarian (Otoriter), yang ditandai dengan adanya aturan-aturan yang kaku dari orang tua. Kebebasan anak sangat dibatasi dan orang tua memaksa anak untuk berperilaku seperti yang diinginkan.
b. Pola Asuh Authoritative (Demokratis), yang ditandai dengan adanya sikap terbuka antara orang tua dengan anaknya. Orang tua bersikap sebagai pemberi pendapat dan pertimbangan terhadap aktivitas anak. Dengan pola asuhan ini, anak akan mampu mengembangkan kontrol terhadap perilakunya sendiri dengan hal-hal yang dapat diterima oleh masyarakat.
c. Pola Asuh Permissive (Permisif), yang ditandai dengan adanya kebebasan tanpa batas pada anaknya untuk berperilaku sesuai dengan keinginannya sendiri. Orang tua tidak pernah memberi aturan dan pengarahan kepada anak. Semua keputusan diserahkan kepada anak tanpa pertimbangan dari orang tua.Termasuk yang manakah pola asuh Anda terhadap anak Anda? Semoga bermanfaat.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?