Kelas 1 SDIT Usamah Belajar Mengenal Budaya Tegal

Pada hari Selasa, 11 Februari 2020, sejumlah 107 siswa kelas 1 SDIT Usamah Tegal melakukan kunjungan ke BAPPEDA Kabupaten Tegal. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pembelajaran siswa tentang mengenal lingkungan sekitar, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Tegal.

Siswa berangkat dari sekolah pukul 07.45 menggunakan angkutan. Di perjalanan, mereka sangat antusias untuk segera sampai ke tempat tujuan. Sesampainya di BAPPEDA pukul 08.30, rombongan disambut oleh Bu Nurul, Pak Mulyo, Pak Budi, dan Bu Firdha. Siswa berbaris rapi di depan Gedung Dadali sesuai kelas masing-masing. Para siswa dipersilahkan memasuki Gedung Dadali. Pak Mulyo, staf BAPPEDA dan Litbang memperkenalkan berbagai produk asli yang dihasilkan oleh masyarakat Tegal dan memperkenalkan logat Tegal kepada siswa. Siswa diperbolehkan untuk melihat-lihat produk yang ada di sana, seperti wayang golek, traktor, seperangkat alat gamelan, kaos, shuttle kok, dan berbagai kerajinan. Di sana juga ada film-film yang dibuat oleh para seniman Tegal.

Setelah melihat berbagai produk, para siswa diarahkan menuju ke sebuah ruangan yang didesain mirip seperti bioskop. Di sana anak-anak disuguhkan berbagai tayangan tentang obyek wisata yang ada di daerah Tegal. Selain itu, ada juga film animasi untuk pendidikan karakter para siswa.

Selesai menonton, anak-anak istirahat sebentar untuk makan snack dan minum. Selanjutnya mereka bergegas menuju kebun rusa yang masih terletak di kawasan BAPPEDA. Anak-anak begitu bers emangat untuk memberi makan rusa-rusa yang ada disana. Mereka berbaris dan bergantian memberi makan wortel yang sudah disiapkan oleh para guru kelas 1.

‘Harapan kami anak-anak dapat mengenal lingkungan alam dan budaya yang ada di Tegal.  Mengenal hewan dan makanannya, mengenal berbagai obyek wisata dan produk-produk yang berasal dari Tegal,” ungkap Ustadzah Retno Kristiani, salah satu guru kelas I.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?