Kesan-kesan Istimewa di Bulan RAMADHAN

MEME RAMADHANAlhamdulillah dalam waktu yg sangat dekat Bulan Suci Ramadhan tahun 1438 H akan segera datang. Rasa Syukur dan Suka Cita yg begitu mendalam telah dirasakan oleh seluruh umat Islam yg benar dan jujur dalam keimanan dan keislamannya.

Diantara sekian banyak dari keutamaan Ibadah Puasa adalah :

1. Disebutkan dalam Hadits Shahih, Riwayat Bukhari Muslim :

ان في الجنۃ بابا يقال له الريان , يدخل منه الصاءمون يوم القيامۃ , لا يدخل منه احد غيرهم.
“Sesungguhnya di Surga ada 1 pintu yang disebut Ar- Rayyan. Orang-orang yang berpuasa (dengan baik dan benar) akan masuk Surga dari pintu itu, tidak mungkin ada orang lain yang bisa memasukinya selain mereka.” (HR. Bukhari Muslim).

2. Dari Sahabat Abdullah bin Amru bahwa Rasulullah SAW bersada :

الصيام و القران يشفعان للعبد يوم القيامۃ (رواه احمد)
“Ibadah Puasa dan Al-Qur’an kedua-duanya memberikan syafaat bagi hamba pada Hari Kiamat.” (HR. Ahmad).

Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan adalah kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW sejak tahun kedua setelah Hijrah Nabi SAW ke Madinah. Ada kesan yang luar biasa bagi umat Islam generasi pertama karena meski dalam keadaan berpuasa di bulan Ramadhan waktu itu, mereka juga harus berjihad melawan orang-orang kafir dalam Perang Badar.

Tapi disitulah nikmat dan indahnya beribadah di Bulan Ramadhan. Bukanlah Ramadhan juga terkenal dengan Bulan Jihad ? Bisakah kita jadikan Ramadhan tahun ini menjadi bulan Ramadhan yang paling berkesan dalam sepanjang hidup kita ?
Kita harus berusaha dalam bulan Ramadhan yang akan datang (jika kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT) untuk memaksimalkan berbagai macam amal ibadah yang diperintahkan. Ramadhan tahun ini harus kita jadikan sebagai Bulan Ramadhan yang paling berkesan. Bagaimana caranya ?

Ayo kita ingat bersama apa saja kesan-kesan paling istimewa selama Ramadhan tahun-tahun lalu.

1. Boleh jadi ada diantara kita yg sehari di bulan Ramadhan pernah bisa membaca Al-Qur’an sebanyak 10 Juz atau lebih. Masya Allah, luar biasa. Kalau bisa di Ramadhan tahun ini kita wujudkan lagi, yuk!

2. Mudah-mudahan kita biasa infaq rutin harian atau pekanan. Tapi pernahkah kita infaq dalam sehari di bulan Ramadhan dengan jumlah infaq yang spektakuler, misal sehari infaq sebesar Rp. 100.000,- Woow, kalau bisa pasti luar biasa barakahnya, Aamiin.

3. Ramadhan identik dengan banyak kegiatan pengajian, ada Kuliah Subuh, Kuliah Dhuha, Kuliah Ashar, Kuliah Buka Puasa, Kuliah Tarawih dan lain lain. Kalau Kuliah Sahur ada tidak ya ?
Jika kita bisa dalam 1 hari di bulan Ramadhan ikut Pengajian sebanyak 5 atau 7 kali, bahkan lebih dan semua itu kita lakukan dengan ikhlas dan sunggu- sungguh, maka pasti itu jadi kesan yang luar biasa.

4.  I’tikaf 10 hari terakhir
Ibadah i’tikaf bertujuan mulia yaitu untuk menggapai malam lailatul qadar yang punya keutamaan ibadah yang dilakukan lebih baik daripada 1000 bulan. Di antara tujuan i’tikaf adalah untuk menggapai malam tersebut. Dan yang paling utama bila i’tikaf dilakukan di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Mudah-mudahan kita diberikan jalan untuk melakukan ibadah i’tikaf tersebut demi mencontoh sunnah Nabi kita.

Itulah sebagian dari contoh amalan-amalan yang sangat berkesan. Dan tentu masih sangat banyak amalan yang lain.

Selamat Menjadikan Bulan Ramadhan Tahun ini menjadi Ramadhan yang Paling Berkesan.
Wallahu ‘alam bishawwab.[]

Ditulis oleh: Oleh: Ustadz H. Amiruddin, Lc. (Dewan Pengawas Yayasan Ribathul Ukhuwwah)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?