Khotmil Qur’an dan Wisuda SDIT Usamah

khotmil SDSebanyak 77 siswa kelas 6 SDIT Usamah Angkatan XI melaksanakan khotmil qur’an (khataman) dan wisuda juz 30. Bertempat di Gedung Aisyiah, Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal, kegiatan tersebut mengusung tema: “Generasi Qur’ani Menuju Masa Depan yang Gemilang” dilaksanakan pada Sabtu, (17/6)

Khotmil Qur’an dilakukan dengan mendemonstrasikan membaca Qur’an secara benar. Siswa disimak oleh guru dan kedua orang tua. Selanjutnya siswa di tes untuk membaca salah surat juz 30 dalam Al Qur’an atau diminta melanjutkan ayat tertentu. Acara ditutup dengan wisuda yaitu pemberian sertifikat.

Kegiatan khotmil quran dan wisuda dilaksanakan secara rutin di SDIT Usamah. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan moment indah dan penghargaan terbesar atas upaya yang telah mereka lakukan dan berharap bisa dijadikan modal dasar dalam melanjutkan hafalan di jenjang pendidikan selanjutnya, serta agar tumbuh kecintaan siswa terhadap Al Qur’an sehingga jadi apa pun kelak mereka saat dewasa mereka adalah para penjaga Al Qur’an.

Di antara kurikulum Al Qur’an di SDIT Usamah adalah, siswa mampu menghafal juz 30, 29, dan 28. Di mana sejak kelas satu siswa dibimbing setiap hari dalam membaca dan menghafal Al Qur’an, terutama juz 30.
Untuk menambah semangat siswa maka sangat penting untuk dibuat acara yang disebut khotmil qur’an Juz 30 dan wisuda ini.

Acara ini dilaksanakan guna senantiasa Melancarkan hafalan juz 30; Mengenali dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menghafal Al Qur’an; Mendidik serta mengajarkan anak lebih cinta terhadap Al Qur’an; Meningkatkan minat belajar terhadap Al Qur’an; Meningkatkan tali silaturrahim antar siswa, guru, dan orang tua dalam mengajarkan Al Qur’an baik di rumah dan sekolah; serta Pembentukan karakter dasar, meningkatkan kualitas bacaan baik dari segi makhroj, tajwid, dan kelancaran dalam membaca Al Qur’an.

Menurut Nurbaeti, S.T.P selaku Kepala SDIT Usamah, melalui kegiatan ini siswa diharapkan dapat melancarkan bacaan sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid dasar; mampu Menghafal Juz 30 dengan tartil; serta membiasakan membaca dan menghapal Al qur’an sejak dini.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?