Kreativitas Siswa SDIT Usamah Membuat Maket Rumah

Sabtu (12/3) siswa siswi kelas VI SDIT Usamah Kota Tegal berkreasi membuat maket rumah dari kardus bekas dan stik es krim. Kegiatan ini merupakan praktek dari materi pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dengan Kompetensi Dasar (KD) memahami dan membuat maket rumah.

Tujuan dari pembelajaran ini yaitu melalui kegiatan diskusi dan praktik, siswa dapat memahami proses pembuatan serta merancang dan membuat maket rumah dengan rapi dan teliti.

“Kami berharap para siswa bisa mengasah daya cipta mereka, memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar menjadi sebuah karya yang indah dan lebih bernilai,” ujar Dewi Aulia, S.Pd. selaku pengampu SBdP Kelas VI.

Proses pembelajaran diawali dengan mengamati sample maket yang dibawa oleh guru. Kemudian, siswa diajak untuk berdiskusi mengenai pengertian maket, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan maket, serta cara membuatnya.

Praktek membuat maket rumah ini dilakukan secara berkelompok. Siswa diberi waktu selama sepekan untuk menyelesaikan rancangan mereka di rumah. Bahan dan alat yang dibutuhkan anatara lain kardus bekas, stik es krim, pensil, penggaris, cat air, lem, gunting, cutter, dan ornamen sebagai pelengkap.

Langkah pertama membuat maket rumah ini adalah dengan menggambar dan menggunting pola pada kardus. Kemudian, siswa merakit potongan-potongan kardus/stik es krim dengan merekatkannya menggunakan lem. Setelah lem kering, maket diwarnai dengan cat. Terakhir, tambahkan berbagai ornamen sebagai perabot dan hiasan miniatur rumah.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?