Malam Bina Iman dan Taqwa SMP IT Usamah Boarding School

mabitMABIT adalah salah satu sarana tarbiyah ruhiyah dalam bentuk menginap dengan menghidupkan malam untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT serta meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW, meningkatkan akhlaq rabbaniyah, memperkuat ukhuwwah dan menambah bekalan dakwah. Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) SMP IT Usamah merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan sekali setiap bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih “memperkenalkan” kepada setiap santri tajuk ImTaq (Iman dan Taqwa) dengan pendekatan cinta masjid.  Kegiatan berlangsung di Masjid Ukhuwwah yang merupakan kawah candradimuka bagi para santri dalam menuntut ilmu. Mabit diawali dg membaca Al ma’tsurat pada pukul 17.15 dipimpin oleh M. Raihan Uwaiz Al Qorni ketua OSIS SMP IT USAMAH BOARDING SCHOOL KOTA TEGAL.

Setelah itu dilanjutkan tilawah sambil menunggu waktu Maghrib utk buka puasa bersama. Sambil tilawah beberapa anak membantu musyrif menyiapkan hidangan buka, memisahkan hidangan untuk Ikhwan dan Akhwat. Adzan berkumandang pukul 17.44. semua bergembira, berbuka dengan es kelapa muda yg sudah tersedia. Setelah berbuka segera melaksanakan sholat Maghrib berjamaah diimami ustadz Syarifuddin, musyrif SMP IT USAMAH BOARDING SCHOOL KOTA TEGAL. Ba’da Maghrib dilanjutkan dengan kultum singkat dari ust Syarif dan tilawah hingga waktu isya. Ba’da isya dilanjutkan materi Taubat yang disampaikan oleh pak Ali Irfan. Anak2 larut dalam materi yang disampaikan oleh pembicara. Terutama saat menyaksikan video tentang hari kiamat dan akhirat.

Materi berakhir pukul 21.30. Setelah materi santri akhwat kembali ke asrama Sedangkan Ikhwan tetap berada di masjid.
Sebelum tidur santri dibimbing untuk wudhu dan berdzikir sebelum tidur. Pukul 22.00 santri   tidur sampai dengan pukul 03.15.
Santri melaksanakan sholat malam berjamaah diimami oleh ustadz Syarifuddin. Semua larut dalam suasana khusuk dan syahdu mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan imam. Tanpa terasa 11 rokaat tahajud beserta witir sudah tertunaikan.   Waktu menunjukkan pukul 04.15. sisa waktu digunakan untuk tilawah sebelum masuk waktu subuh.
Setelah sholat qobliyah subuh dan sholat subuh ada kultum singkat dari ust Heru sukmaji salah satu guru SD IT Usamah. Setelah kultum dilanjutkan Al ma’tsurat dan setor hafalan Al Qur’an minimal 3 baris sampai pukul 06.00. agenda dilanjutkan dengan bersih diri dan sarapan sampai pukul 07.00.

Tepat pukul 07.00 santri akhwat diantar dari asrama ke SMP 15 utk latihan panahan didampingi oleh ust Sujimanto , sedangkan santri Ikhwan membuat bahan untuk mading USAMAH BOARDING SCHOOL KOTA TEGAL di perpustakaan Usamah bin Zaid didampingi oleh ustadzah Retno. Masing-masing berjalan sampai pukul 09.00. setelah itu agenda Rolling,Ikhwan mengikuti latihan memanah di SMP 15. Sedangkan akhwat membuat Mading di perpustakaan Usamah bin Zaid. Masing-masing berlangsung sampai pukul 11.00. Agenda mabit selesai semua pulang ke asrama dengan hati gembira.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?