Market Day Santriwati SMP IT Usamah

market2

Suasana menyenangkan tampak di asrama putri SMP IT Usamah. Sejurus setelah mendirikan sholat isya dan tilawah Alqur’an mereka isi dengan membuat kerajinan tangan dari kain flanel. Kain flanel dipilih karena selain mudah dibentuk, tersedia dalam berbagai warna yang cerah dan menarik. Alat dan bahan yang digunakan antara lain:Kain flanel berbagai warna, Gunting, Lem tembak, Lilin, Mute, Benang & jarum, Pola lingkaran ukuran uang logam 500, Kancing Baju,Putik bunga imitasi.

Kerajinan tangan yang mereka buat antara lain: Bros bunga,bros pita dan gantungan kunci pita yang mereka pilih karena selain mudah dibuat, warna-warni yang menarik dari kain flanel membuat hasil karya tampak lebih hidup. Santriwati SMP IT Usamah tampak semangat dan serius saat proses pembuatannya. Sesekali mereka bertanya kepada pembimbing hal-hal yang belum mereka ketahui. Ada beberapa santriwati yang mengalami kesulitan saat membentuk bunga menjadi bros tetapi mereka tidak menyerah. Antar santriwati pun saling membantu dengan mengajarkan cara menempel mute pada bros bentuk pita.

Ketika waktu sudah larut malam mereka pun menyelesaikan pembuatan kerajinan tangan tersebut, setelah selesai hasil kerajinan tangan tersebut dibungkus dalam kemasan supaya tampak rapi. Terhitung 32 buah bros bunga, bros pita dan gantungan pita yang telah mereka buat, esok harinya mereka akan menjual hasil karya tersebut pada car free day di alun-alun Tegal.

Pagi-pagi setelah mendirikan sholat shubuh dan membaca alma’tsurat, santriwati SMP IT Usamah memulai perjalanan menuju alun-alun Tegal dengan berjalan kaki. Udara pagi yang menyegarkan membuat santriwati bersemangat. “Ahad pagi ini adalah Market Day kita”, ucap salah seorang santriwati.

DSC00166

Proses pembuatan kerajinan tangan

DSC00175DSC00176DSC00172
Hasil Kerajinan Santriwati SMP IT Usamah
DSC00177DSC00178

Dalam proses penjualan hasil kerajinan, santriwati dibagi menjadi 3 kelompok yang berisi 4 sampai 5 orang. Dengan menerapkan 5S santriwati menjual hasil karya mereka kepada setiap orang yang mereka temui di alun-alun Tegal. Pada awal menawarkan produk beberapa santriwati tampak canggung dan grogi tetapi mereka menunjukkan kebolehannya dalam menjual terlihat saat kelompok 1 berhasil menjual tanpa sisa dan mendapat hasil paling banyak, mereka pun senang dan sebagai wujud syukur mereka membelikan air minum untuk diminum bersama semua santriwati.

Kelompok 1
DSC00193
Kelompok 2
DSC00194
Kelompok 3
DSC00195
Proses Penjualan Hasil Kerajinan
DSC00202DSC00210DSC00220DSC00213

Kegiatan Market Day selain sebagai hiburan sebelum santriwati menghadapi UTS (Ulangan Tengah Semester) sepekan mendatang, hal tersebut juga diharapkan akan ada timbal balik bagi santriwati, yakni proses belajar dan mengasah jiwa kewirausahaan yang menjadi salah satu keunggulan dari SMP IT Usamah. Total hasil penjualan ternyata dapat mengembalikan modal yang telah dikeluarkan dan semua hasil tersebut dikembalikan kepada santriwati untuk modal mereka menghasilkan produk untuk waktu mendatang.

Please follow and like us:

2 thoughts on “Market Day Santriwati SMP IT Usamah

  • 7 Maret 2016 pada 03:21
    Permalink

    Congratulation for Marketing Day Success…its can be supporting for next opportunity.
    Especially for mid test next week…
    بارك اللّٰه فيكم جميعا

    Balas
    • 7 Maret 2016 pada 08:34
      Permalink

      Alhamdulillah Ustadz. because all prayer too. This day has already begun mid test until next week…
      جَزَا ك الله خَيْرًا كَثِيْرًا

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?