Mengenalkan Manfaat Tumbuhan dan Binatang Pada Anak

dsc08828

Puncak Tema PAUD IT Usamah berlangsung seru. Anak sholeh dan sholeha PAUD IT Usamah berkunjung ke Agro Wisata Peternakan Rodjo Tater. Kegiatan ini adalah puncak tema: Berpetualang di dunia tumbuhan dan binatang. Anak-anak belajar bagaimana berinteraksi dengan tumbuhan dan binatang yang ada di Agrowisata tersebut. Berlokasi di daerah Bogares Kidul, Kec. Pangkah, Kab. Tegal, Agrowisata Rodjo Tater seluas 12 hektar menyediakan berbagai macam hasil tani dan ternak. Anak-anak berkeliling kebun buah naga, mereka belajar mengenal bagian-bagian buah naga sampai belajar memetik buah naga yang sudah matang. Mereka sangat antusias sampai ada anak yang langsung mencicipi buah naga secara langsung.

Setelah puas berkeliling kebun buah naga, anak-anak berkeliling kandang sapi dan memberi makan sapi-sapi tersebut. Terdapat berbagai macam sapi, antara lain: sapi perah, sapi potong dan sapi kontes. Anak-anak diperkenalkan dengan “dynamite”, seekor sapi berukuran besar yang pernah menjadi juara kontes sapi. Sapi tersebut seharga 100 juta, dia sangat pemalu, bahkan saking malunya sapi tersebut tertunduk malu saat anak-anak hendak memberi makan. Disamping peternakan sapi terdapat pula peternakan ikan, ada ikan nila, patin, lele, gurameh, dan mujaer. Anak-anak merasa senang saat diberi pakan pelet untuk kemudian menaburkannya di kolam ikan. Kegiatan hari itu ditutup dengan kegiatan yang tidak kalah menyenangkan, yakni menonton film tentang sapi di aula sembari beristirahat bersama.

Menurut W. Indah Wahyuningsih, S.Kom selaku kepala RA Usamah mengatakan, Mengenalkan anak pada tumbuhan dan binatang ternyata memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak.
1.Kepedulian anak terhadap tumbuhan dan binatang akan sejalan dengan empatinya pada manusia.
2. Melalui interaksi dengan tumbuhan dan binatang, anak akan belajar tentang emosi dan sosial skill. Karena itulah binatang banyak dipergunakan dalam terapi anak berkebutuhan khusus.
3. Berperilaku baik terhadap tumbuhan dan binatang akan mengarahkan perilaku anak terhadap manusia di masa mendatang.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?