Mengikat Hafalan Dengan Muroja’ah

smp it okeIlmu akan semakin kuat bila dimuroja’ah. Ternyata murojaah atau mengulang-ulang hafalan Al-Qur’an secara rutin itu adalah aktifitas menghafal itu sendiri. Muroja’ah merupakan salah satu aktifitas yang tidak lepas dari para santri SMP IT Usamah.

Ingatlah sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, “Permisalan Shahibul Qur’an itu seperti unta yang diikat. Jika ia diikat, maka ia akan menetap. Namun jika ikatannya dilepaskan, maka ia akan pergi”.

“Jika seseorang shahibul Qur’an membaca Al Qur’an di malam hari dan di siang hari ia akan mengingatnya. Jika ia tidak melakukan demikian, ia pasti akan melupakannya”.

Mengingat betapa pentingnya muroja’ah tersebut, para santri pun rutin memuroja’ah hafalannya setiap ba’da magrib dan subuh.

Dibimbing Ustadz dan ustadzah, mereka antusias dan selalu bersemangat setiap kali sesi setor hafalan tiba. Ba’da magrib dan subuh adalah waktu yang sangat tepat untuk belajar, karena terjadi pergantian waktu dari siang ke malam. Dan menurut penelitian belajar di waktu tersebut membuat anak cerdas, lho! 🙂

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?