Jelajah Alam ala Pramuka SIT Usamah

“Siap grak, lencang depan grak”. Instruksi dari Kak Oki mengawali kegiatan hari ini, siswa dari kelas 3, 4 dan 5 semua berbaris di halaman guna mengikuti kegiatan Pramuka SIT yang agendanya adalah jelajah alam, yaitu membuat peta perjalanan. Anak-anak sudah siap dengan alat tulis dan air minum guna melepas dahaga di perjalanan nanti. Beberapa guru bertindak sebagai pendamping setiap regu untuk mengarahkan mereka. Kak Oki bertindak sebagai penanggungjawab kegiatan tampak sangat bersemangat, anak-anak pun tak kalah bersemangat saat salah satu regu putri mulai diberangkatkan, rute yang mereka lalui keluar dari Kampus SDIT Usamah melangkah ke arah timur menyisiri tanggul sungai dan berakhir saat menuruni jalan di ujung Jalan Industri dekat dengan Mushola, tampak beberapa anak berhenti sekedar melepas dahaga dengan air minum yang mereka bawa dan sebagian melanjutkan perjalanan melalui perkampungan warga untuk kembali ke kampus SDIT Usamah.

DSC04793

Berbaris sebelum jelajah alam
DSC04794
Kak Oki memimpin barisan Mujahidah

DSC04795
Kak Dini tampak ceria sekali yahh…

DSC04804
Kak Jarwo tidak kalah semangat
DSC04806
Barisan Mujahidah SDIT Usamah
DSC04805
Ayo mba mulai membuat petanya

Perjalanan yang cukup singkat ini tidak menyurutkan semangat dan antusias anak-anak, terbukti saat sampai di sekolah mereka segera berkumpul dengan teman-teman dan mulai membuat peta perjalanan, apa yang mereka lihat selama perjalanan mereka tuangkan di atas kertas yang sudah dibagikan. Sungai, jalan, pohon, sekolah dan rumah adalah beberapa contoh obyek yang mereka lihat, karena semakin detail obyek yang digambarkan semakin bagus nilai yang akan diperoleh.

DSC04824

Mulai berdiskusi membuat peta perjalanan

DSC04835
Regu Putrapun tidak kalah serius dalam membuat peta perjalanan

DSC04830
Mengumpulkan Peta Perjalanan Hasil Diskusi Kelompok

Itulah sekilas kegiatan yang mereka laksanakan di Jumat pagi sebagai awal sebelum mereka mengikuti kegiatan Belajar di kelas, diharapkan dengan jalan-jalan singkat ini mampu menumbuhkan kecintaan mereka pada lingkungan sekitar dan juga kesadaran dalam menjaga alam ciptaan Allah SWT.

Please follow and like us: