Menyembelih Hewan Qurban Bersama Usamah

Qurban dalam bahasa Arab artinya dekat, ibadah qurban artinya  menyembelih hewan sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah.  Ibadah qurban disebut juga “udzhiyah” artinya hewan yang disembelih  sebagai qurban. Ibadah qurban disinggung oleh al-Qur’an surah  al-Kauthar “Maka dirikanlah shalat untuk Tuhanmu dan menyembelihlah”.
Keutamaan  qurban dijelaskan oleh sebuah hadist A’isyah, Rasulullah s.a.w.  bersabda “Sabaik-baik amal bani adam bagi Allah di hari Idul Adha  adalah menyembelih qurban. Di hari kiamat hewan-hewan qurban tersebut  menyertai bani adam dengan tanduk-tanduknya, tulang-tulang dan bulunya,  darah hewan tersebut diterima oleh Allah sebelum

menetes ke bumi dan  akan membersihkan mereka yang melakukannya” (H.R. Tirmizi, Ibnu Majah).  Dalam riwayat Anas bin Malik, Rasulullah menyembelih dua ekor domba  putih bertanduk, beliau meletakkan kakinya di dekat leher hewan  tersebut lalu membaca basmalah dan bertakbir dan menyembelihnya” (H.R.  Tirmizi dll).

Sebagai salah satu upaya kami untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada siswa-siswi SIT Usamah maka melalui momentum hari raya Idul Adha kami mengadakan kegiatan  qurban yang bertemakan “Qurban Ikhlas Qurban Cerdas”. Belajar dari pengalaman pada kegiatan qurban di tahun sebelumnya maka kami melakukan sosialisasi kepada orang tua dan para murid 1 bulan sebelumnya. Kemudian, kami bersama dengan LAZIS Al-Ihsan Jateng Cabang Tegal mencoba bekerja sama agar qurban tahun ini maksimal. Kami membagikan celengan infaq qurban kepada tiap-tiap kelas dan tiap minggunya pada saat upacara bendera kami informasikan saldo yang terkumpul.
Ternyata, melalui hal ini menimbulkan semangat yang luar biasa dari para murid untuk berlomba memperoleh pahala yang besar dengan terus berinfaq. Alhamdulillah setelah pekan terakhir dari infaq murid dan juga 8 orang wali murid maka sekolah kami bisa membeli 1 sapi dan 17 ekor kambing. Hal ini merupakan sebuah peningkatan yang bagus karena tahun sebelumnya tidak sebanyak ini. Semua anak-anak kami ajak ke tempat pembelian untuk melihat hewan qurban mereka yang akan disembelih dan perwakilan siswa dan siswi kami ikutkan dalam acara penyembelihan agar menambah wawasan tentang agama Islam khusunya qurban.  Ini menimbulkan adalah euphoria yang positif.

Adapun untuk pemotongan dan pembagian, kami dibantu oleh POMG (Persatuan Orang Tua Murid & Guru). Dan berkat kerjasama yang baik antara semua pihak maka pemotongan dan pembagian hewan bisa selesai sebelum sholat dhuhur dilaksanakan. Kepada semua pihak yang terlibat kami sampaikan jazakumullah khoiron katsiron. Semoga qurban kita diterima-Nya. Amin

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?