Perjuangan Seorang Guru

karya ku 2Setiap tanggal 25 November kita selalu memperingati Hari Guru, hari yang sangat istimewa bagi pelajar dan guru-guru di sekolah.Kalau guru saja ada hari istimewanya, berarti guru adalah salah satu profesi yang juga termasuk profesi yang terbaik dan terhebat dari profesi-profesi yang lainnya. Maka dari itu guru juga harus selalu kita hormati dan guru itu pun merupakan orangtua kita setelah ibu dan bapak kita di rumah, karena guru yang selalu mengajarkan kita ilmu-ilmu yang sangat banyak setelah ibu dan bapak yang selalu mengajarkan kita dari waktu kita masih kecil.

Guru juga merupakan profesi yang sangat dimuliakan karena guru selalu mengajarkan kita berbagai ilmu lalu kita pasti akan selalu memanfaatkan ilmu itu selamanya dan jika ilmu itu bermanfaat maka guru walaupun sudah meninggal akan selalu mendapatkan pahala yang sangat banyak sampai kapanpun, karena ilmu yang bermanfaat termasuk ke dalam amalan-amalan yang akan terus mengalir pahalanya seperti halnya doa anak sholeh dan amal jariyah.

Dan oleh sebab itu, kita harus selalu hormat dan patuh kepada guru kita, karena dia yang selalu berjuang untuk mengajarkan kita berbagai ilmu. Berkat perjuangan mereka kita bisa menjadi anak yang pintar, maka kita bisa membahagiakan hati orangtua kita dan jika kita bisa membahagiakan hati orangtua kita, maka Allah juga bahagia terhadap kita karena Ridho Allah ada pada ridho orangtua.

Maka jangan sekali-kali kita meremehkan seorang guru ketika menerangkan pelajaran kepada kita. Kita harus bisa selalu memperhatikan penjelasan-penjelasan dari guru kita. Karena sebenernya semua itu adalah yang baik untuk kita. Kita juga harus bisa menghargai semua perjuangan guru kita dengan selalu membahagiakan hati para guru dengan selalu mendapat nilai-nilai yang bagus.
Tapi mengapa ya, kadang-kadang guru juga pernah marah terhadap kita? Mungkin para murid banyak uang berpikiran seperti itu. Sebenarnya kalau ada seorang guru yang marah kepada kitam guru itu tidak marah tetapi hanya menasihati kita jika kita sedang berbuat salah. Mungkin kalau kita berbuat baik pasti guru tidak akan marah kepada kita dan juga karena guru sebenarnya akan selalu memberikan yang terbaik untuk kita.

Guru akan selalu mengajarkan kita dengan sabar, ikhlas dan tulus. Guru akan selalu mengajarkan kita dari waktu kita belum dapat membaca dan menulis sampai kita dapat membaca dan menulis dengan baik dan rapi. Maka janganlah kita membalas semua perbuatan baik yang diberikan oleh guru kita kepada kita dengan perbuatan-perbuatan yang tidak baik seperti terlambat berangkat sekolah, tidak mengerjakan PR tepat waktu ataupun tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Jika kita selalu berbuat keburukan seperti itu pasti guru kita kan sedih ya… Karena itu termasuk perbuatan yang tidak baik.

 

Sebenarnya semua yang diajarkan oleh guru kita adalah yang terbaik untuk kita pada masa depan kita jika ilmu itu bermanfaat dengan baik kita bisa menjadi orang sukses dengan ilmu-ilmu yang diberikan oleh guru kita. Tetapi tertap ingat ya, jika kita ingin menjadi anak yang pintar kita juga harus bisa menjadi anak yang sholeh agar dapat menjadi orang yang sukses di dunia dan akhirat. Nah dari semua perjuangan guru kita maka guru diberi sebutan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Sekali lagi ingat ya kita harus selalu hormat dan patuh kepada guru kita karena guru kita selalu memberikan yang terbaik untuk kita.

Ditulis Oleh : Jihan Muthi’ah Amatullah (Siswa SMP IT Kelas VII Sulaiman )

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?