RA USAMAH PRODUKTIF MEMBUAT VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Dalam masa pandemi wabah corona-19 yang telah berlangsung sejak pertengahan Maret 2020, pendidikan di laksanakan dengan jarak jauh, yaitu belajar dari rumah. Pendidikan dengan model pembelajaran jarak jauh dari rumah, para guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyiapkan media pembelajaran. Hampir setiap pekan guru-guru RA Usamah memproduksi video pembelajaran yang akan diunggah di akun youtube RA Usamah dan grup Whatsapp.

Sebelum melakukan proses produksi video pembelajaran ditentukan terlebih dahulu tema, materi, capaian perkembangan anak, kegiatan alat dan bahan. Pada pembelajaran sentra kognitif, ustadzah Nurul Inayah dan Ustadzah Fatimah Al Mujahidah membuat konten pembelajaran dengan materi mengenal bentuk bangun datar persegi, segitiga dan lingkaran. Untuk membuat satu video pembelajaran membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit hingga satu jam.

“Adanya pembelajaran jarak jauh yang mengharuskan kami membuat video pembelajaran membuat kami menjadi lebih menguasai teknologi dan lebih percaya diri untuk tampil dihadapan kamera, meskipun untuk memperoleh video yang bagus dibutuhkan take berulang-ulang,” ungkap Inayah.

Dengan adanya video pembelajaran sangat membantu siswa-siswi RA Usamah dan orang tua dalam mendampingi pembelajaran ananda di rumah. Meskipun tidak berlangsung secara tatap muka, siswa tetap bisa belajar dengan ustadzah melalui grup Whatsapp dan channel youtube RA Usamah.

“Masyaallah videonya kreatif ustadzah, terima kasih untuk tim daring RA Usamah. Video pembelajarannya bisa menjadi pengganti hobi anak-anak lihat youtube dialihkan meliat konten-konten dari ustdzah semua. Videonya sangat membantu belajar dan pengobat kangen dengan ustadzah semua,” ungkap Mama Vira dari kelas A3.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?