Santri TPQ Usamah bin Zaid Ikuti Ujian Tahfidz

TPQ Usamah bin Zaid meyelenggarkan ujian tahfidz Juz 30 bagi santri kelas I-III. Ujian berlangsung di komplek SDIT Usamah Kota Tegal setelah selesai Penilaian Tengah Semester (PTS). Ujian tahfidz dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam 1 semester.

Santri kelas I melaksanakan ujian pada Kamis (8/9). Ustadz dan ustadzah pengampu T3 (Tahsin, Tahfidz, Tajwid) memanggil nama santri satu persatu untuk menyetorkan hafalan. Dalam ujian tahfidz, para asatidz memberikan penilaian berdasarkan kelancaran hafalan santri.

Pada Jum’at dan Sabtu, 9-10 September giliran santri kelas II dan III mengikuti ujian. Pelaksanaan ujian tahfidz ini bertujuan untuk mengasah dan mengetahui kemampuan santri kelas I-III dalam capaian hafalan Al Qur’an mereka.

Ada capaian target surat yang harus dihafal para santri dalam ujian pertama di tahun ajaran baru. “Target santri kelas I menghafal Surat At Takwir, kelas II Surat Al Infithar, dan kelas III Surat Al Muthafifin. Beberapa santri berhasil melampaui target hafalan hingga Juz 29,”ungkap Rizqi Amalia Thammy, S. Farm. Selaku Koordinator tahfidz kelas III.

Kepala TPQ Usamah bin Zaid, Retno Susanti, S.Pd. menuturkan, ujian praktek pembelajaran Al Qur’an ini menjadi bagian dari program Qur’anic School. Santri diharapkan mampu menghafal surat-surat yang sudah ditargetkan. Dari ujian tahfidz ini, mereka bisa termotivasi untuk terus menambah hafalan.

Dalam Kegiatan Pembelajaran Al Qur’an sehari-hari, santri dibimbing oleh para asatidz untuk menghafal beberapa ayat dengan bacaan yang benar. Mereka melafalkan ayat-ayat tersebut beberapa kali sampai hafal. Selain itu, santri juga melakukan muroja’ah, yaitu teknik mengulang hafalan Al Qur’an yang sudah dimiliki agar tidak salah dan lupa.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?