Santunan Anak Yatim dalam rangka Syiar Muharram 1438 H

img_3787

Dalam rangka syiar muharram 1438 H, SMP IT Usamah Boarding School menghelat kegiatan santunan anak yatim sabtu (8/10). Kegiatan dengan tema, “Berbagi Dengan Pendamping Nabi di Surga Mengajarkan Kita Hidup Lebih Bersahaja” tersebut bertempat di aula yayasan syiarul islam, jl. Kh muchlas kota tegal.

Peserta merupakan anak yatim di sekitar yayasan syiarul islam. Ustadz Nurcholis, S.Pd.I selaku Kepala SMP IT Usamah menuturkan kegiatan tersebut bertujuan untuk melayani anak yatim dan dhuafa sebagaimana hadits dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anha dia berkata: Rasulullah shallaallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta merenggangkan keduanya. Hadist yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang menyantuni anak yatim.

Selain itu sebagai ajang silaturahmi antara guru, santri dan masyarakat, mengenalkan kegiatan-kegiatan positif SMP IT Usamah. Keberhasilan kegiatan tersebut tidak lepas dari peran serta orangtua murid yang tergabung dalam Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG). Komunikasi dan hubungan yang baik antara orangtua murid dan guru menjadi salah satu hal yang positif dan harus dipertahankan.

Para santri dalam hal ini terlibat langsung mengisi acara seperti: menjadi pembawa acara, membaca Al-Qur’an dan tampilan nasyid oleh santri Putra. Selain tampilan nasyid, terdapat pula tabligh akbar oleh ustadz Teguh Rusyanto, S.Pd.I. Santunan yang diberikan oleh pengurus Yayasan Ribathul Ukhuwwah tersebut berupa bingkisan menarik dan uang tunai. Santunan berasal dari iuran POMG dan donatur. Kerja sama yang baik antara orangtua murid dan guru menjadi sinergi yang baik dalam membantu kesuksesan pendidikan anak-anak, karena orangtua selain memberikan kepercayaan yang penuh atas pendidikan anak-anak ke sekolah, namun orangtua pun turut andil dalam membantu kelancaran kegiatan yang diadakan dengan memberikan sumbangsihnya berupa materi maupun nonmateri.

Harapannya untuk anak-anak semoga tertanam dalam diri santriwan dan santriwati SMP IT usamah kecintaan untuk berbagi, mempunyai solidaritas dan kepedulian kepada anak yatim dan yang tidak kalah penting adalah kegiatan tersebut senantiasa mengingatkan makna tahun baru hijriyah sebagai momen yang tepat untuk hijrah menjadi lebih baik dan semangat belajar yang semakin tinggi.

Ucapan terimakasih disampaikan pula dari pihak SMP IT Usamah kepada orangtua murid dengan semangatnya yang luar biasa dalam mempersiapkan segala sesuatunya hingga acara tersebut berjalan dengan lancar. Semoga hal ini dapat menjadi contoh dalam fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan).

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?