SDIT Usamah Kota Tegal Gelar Wisuda Kelas VI

Minggu (19/6), SDIT Usamah Kota Tegal menyelenggarakan Khotmil Qur’an sekaligus wisuda bagi 94 siswa-siswi kelas VI angkatan ke-16. Acara yang digelar di Gedung Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (Poltran) ini dihadiri oleh segenap wali murid kelas VI dan beberapa tamu undangan.

Acara berlangsung dari pagi pukul 07.00 hingga 12.00 WIB. Para wisudawan/wisudawati dikirab dengan baju toga ke atas panggung. Acara dimulai dengan bacaan tadarus juz 30 oleh seluruh siswa siswi kelas VI yang dilanjutkan dengan tillawah dan sambutan-sambutan. Para siswa juga melaksanakan demonstrasi khotmil dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait ilmu tajwid dan ghorib.

“Anak merupakan amanah yang perlu dibentuk agar bisa menjadi pribadi yang taat kepada Allah SWT. Kami berterimakasih kepada SDIT Usamah yang sudah turut membantu visi misi Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama,” ungkap Bapak H. Fathul Himam S.Ag., M.Pdi selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal yang turut hadir sebagai tamu undangan.

Pada acara inti prosesi wisuda, para siswa dipanggil dengan karakter positif yang dimiliki seperti care person, cheerful, well behaved, good leader, dan friendly. Mereka mempersembahkan beberapa lagu dan membacakan ikrar alumni.

Pada kesempatan acara wisuda ini, SDIT Usamah mengadakan launching antologi kumpulan karya literasi siswa. Beberapa siswa mendapatkan hadiah dan piagam untuk karya cerpen, puisi, dan komik terbaik. Tak lupa sekolah memberikan penghargaan kepada para siswa-siswinya yang berprestasi. Selain itu, sekolah juga mendapatkan kenang-kenangan dari Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) berupa perangkat elektronik.

Menjelang akhir acara, para orangtua siswa dikejutkan dengan acara penyerahan bunga dari putra putrinya. Diiringi bacaan puisi ungkapan terimakasih, suasana berubah menjadi haru. Lima orang siswa dengan hafalan terbaik, diberi kesempatan untuk ke panggung dan memakaikan mahkota pada orangtua mereka.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan wisuda dan khotmil Qur’an ini adalah sebagai apresiasi bagi siswa yang telah menyelesaikan proses pembelajaran selama 6 tahun di SDIT Usamah. “Kami berharap, kegiatan ini juga bisa memotivasi para siswa dan wali murid agar tetap giat membaca, menghafal dan mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam Al qur’an,” tutur Dewi Aulia, S.Pd. selaku koordinator acara.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?