SDIT Usamah Terbitkan Buku Antologi “Corona Pergilah, Aku Rindu Sekolah”

Kegiatan literasi sekolah yang dimotori oleh Diani,S.Pd. selaku Pembina Komunitas Jejak Pena SIT Usamah tetap bergerak meskipun sekolah berada dalam masa pandemi Covid-19.

Di tengah masa belajar di rumah, para siswa kelas VI diajak untuk membuat karya puisi dan cerita untuk disusun dalam sebuah buku Antologi Puisi dan Cerita SDIT Usamah 2020. Buku tersebut diberi judul “Corona Pergilah Aku Rindu Sekolah”.

Buku yang terdiri dari 281 halaman ini mulai disusun sejak bulan Januari 2020, awalnya dirancang untuk mengabadikan perjalanan siswa kelas VI dalam mengikuti proses pembelajaran di SDIT Usamah selama enam tahun. Tanpa diduga kegiatan pembelajaran di sekolah terhenti, dengan adanya wabah Covid-19. Meskipun demikian penyusunan buku ini tidak berhenti, tetap berlanjut dengan melalui daring.

Komunitas Jejak Pena SIT Usamah merupakan wadah kegiatan literasi sekolah yang telah diresmikan oleh Dr. Johardi yang pada saat itu menjabat sebagai Kadisdikbud Kota Tegal. Dalam perjalanannya KJP-SIT Usamah sebelumnya telah berhasil menerbitkan dua buku berjudul Sekolahku Jejak Masa Depanku kerjasama dengan Gerakan Tegal Membaca dan buku Meniti Asa di Sekolahku Tercinta karya angkatan XIII.

Buku ini dapat tersusun atas kerjasama para  siswa, wali murid, guru-guru kelas VI dan guru-guru Tim Antologi Usamah. “Dengan berbagai kendala di lapangan, alhamdulilah buku antologi ini dapat terbit tepat waktu, dan InsyaAllah akan dibagikan pada siswa di moment kelulusan kelas VI nanti,” ungkap Diani.

Ada yang istimewa dari buku ini yaitu dengan adanya sekapur sirih pengantar dari Bunda Baca Kota Tegal sekaligus Ibu Walikota Tegal, dr. Hj. Rr. Kusnabilla Erfa Dedy Yon. Dalam Wisata Literasi Bunda Baca pernah hadir di SDIT Usamah pada Puncak Bulan Bahasa pada akhir Oktober 2019 sekaligus meresmikan Komunitas Baca Tulis Jejak Pena SDIT Usamah.

“Harapan kami semoga buku ini bisa menjadi kenangan bagi kelas VI angkatan XIV yang lulus pada masa pandemi, tanpa adanya seremonial selebrasi di akhir tahun,” tambah Diani.

Dalam penyerahan buku antologi dari Pembina Komunitas Jejak Pena SIT Usamah pada Nurbaeti, Kepala SDIT Usamah mengungkapkan rasa senang, bangga  dan terharu setelah membaca naskah demi naskah dari hasil karya anak-anak SDIT Usamah kelas 6 Angkatan XIV, dalam Buku Antologi Cerita dan Puisi SDIT Usamah “Corona Pergilah, Aku Rindu Sekolah”.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?