SDIT USAMAH TERBITKAN BUKU ANTOLOGI KELIMA

Dalam rangka memberantas buta aksara, meningkatkan minat baca, menumbuhkan budaya literasi masyarakat, dan meningkatkan daya saing bangsa melalui program penguatan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN)  pada tahun 2016 dimana Gerakan Literasi Sekolah termasuk menjadi salah program didalamnya.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan gerakan literasi yang aktivitasnya banyak dilakukan di sekolah dengan melibatkan siswa, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua dengan menampilkan praktik baik tentang literasi dan menjadikannya sebagai kebiasaan serta budaya di lingkungan sekolah.

SDIT Usamah sebagai sekolah yang menghidupkan budaya literasi memiliki program-program diantaranya jadwal rutin peminjaman buku di perpustakaan, pojok baca di kelas dan di spot-spot tertentu di area sekolah, majalah dinding, buletin sekolah dan penerbitan buku antologi setiap tahun.

SDIT Usamah telah menerbitkan buku antologi yang berISBN sejak tahun 2019. Pada tahun 2022 ini SDIT Usamah menerbitkan buku antologi dengan judul Asyiknya Kembali ke Sekolah. Buku Ketua Komunitas Jejak Pena SIT Usamah Diani,SPd menjadi ketua tim penyusun antologi bersama dengan beberapa guru diantaranya Arnida Farahtika,S.Pd, Dewi Aulia,S.Pd, Ummamah Silmi,S.Pust. dan Nur Kholifah Ana Mulia,Amd.

“Buku antologi ini ditulis oleh siswa-siswi kelas 6 angkatan XVI yang berjumlah 95 anak dan beberapa guru dengan bentuk karya tulisan berupa cerpen, puisi dan komik. Buku ini sebagian besar menceritakan tentang rasa senang dan syukurnya anak-anak dan para guru ketika sekolah dibuka kembali dengan PTM setelah dua tahun lebih harus daring karena adanya pandemi Covid-19”, ungkap Diani.

Buku antologi tersebut dilaunching bersamaan dengan wisuda kelas VI angkatan XVI di Gedung Puspita Poltran pada akhir bulan Mei 2022. Pada acara tersebut Kepala SDIT Usamah Nurbaeti,S.T.P, S.Pd. menyerahkan buku antologi pada Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal, Bapak H. Fathul Himam,S.Ag.,M.Pd.I. dan Ketua Yayasan Ribathul Ukhuwah Maskuri,S.Pd.

Pembina Komunitas Jejak Pena SIT Usamah, Diani,S.Pd. menyerahkan apresiasi berupa piala dan piagam penghargaan pada siswa-siswa yang terpilih menjadi karya terbaik di masing-masing kategori karya. Adapun siswa yang mendapatkan piala dan penghargaan yaitu Taqiyyatul Husna, Almira Safa Riny dan M. Dzakyi Alvaro pada kategori Cipta Komik, Adzkia Qonita Rahmi. Auraghina Tirta Langit Huwaida Baqir, dan Fatiyyah Haniyah pada kategori Cipta Cerpen, Harika Aqilla Purnama, M. Arkan Dhia Adzkia dan Tiara Candra Maulidia pada kategori Cipta Puisi.

Harapan kami, program penerbitan buku ini dapat tetap berjalan setiap tahun untuk mengasah kemampuan anak-anak dalam menulis karya cerpen, puisi ataupun komik. Program ini sekaligus sebagai bentuk implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDIT Usamah dan produk dari program ini sekaligus dapat menjadi kenang-kenangan bagi siswa kelas VI.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?