Semarak I’tikaf Keluarga Bersama YRU

yru i'tikafI’tikaf merupakan ibadah yang agung, yang semaraknya semakin terlihat di bulan Ramadhan, khususnya di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Di antara rangkaian ibadah dalam bulan suci Ramadhan yang sangat dipelihara sekaligus diperintahkan (dianjurkan) oleh Rasulullah SAW adalah I’tikaf. I’tikaf merupakan sarana muhasabah dan kontemplasi yang efektif bagi muslim dalam memelihara dan meningkatkan keislamannya, khususnya dalam era globalisasi, materialisasi dan informasi kontemporer.

Yayasan Ribathul Ukhuwwah memfasilitasi pelaksanaan I’tikaf  di Masjid Ukhuwwah, Komplek SIT Usamah, Jln.Surabayan RT 01/14, Panggung, Kota Tegal. Masjid Ukhuwwah sendiri merupakan masjid yang pertama kali memfasilitasi i’tikaf untuk keluarga di Kota Tegal.
Berlangsung dari tanggal 15 – 24 Juni 2017, mengusung tema, “Semarak I’tikaf Ramadhan 1438 H Menuju Keluarga Taqwa”. I’tikaf ini berbeda dari biasanya dikarenakan peserta I’tikaf diperbolehkan mengajak serta keluarganya. Sekitar 100  orang menjadi  peserta i’tikaf keluarga, baik anak-anak maupun orang dewasa. Dibuka oleh Dewan Pengawas YRU yg merupakan Mudlir Pondok Pesantren SMP Usamah, KH.  Amiruddin, Lc.
Beragam rangkaian ibadah untuk taqarrub Ilallah menjadi  hal yang tak pernah lepas dari pelaksanaan  I’tikaf diantaranya:  Kuliah shubuh, Kuliah dluha (khusus membahas tentang fiqh an-nisa), Kuliah ashar, Kuliah tarawih, yang dibimbing oleh para tokoh dan ustadz dari Kota Tegal. Mukhoyam Al-Quran yang akan diselenggarakan pada tgl 17-18 Juni 2017, dengan target tilawah 15 juz dan setor hafalan 1 juz. Kemudian, Safari dakwah bersama Syaikh Muath H. A.Alamouudi dari palestina pada ahad 18 juni 2017, jam 12.00 – 15.00.
Menurut Ustadz Imam Nawawi selaku Ketua Panitia I’tikaf menyampaikan testimoni dari para jamaah I’tikaf, “Kegiatan iktikaf di Masjid Ukhuwwah komplek sit usamah sungguh mengesankan. Sekitar seratus peserta i’tikaf di sambut dengan senyum oleh petugas registrasi. Lalu di tunjukkan letak tempat wudlu, dll untuk ikhwan dan akhwat.”
Peserta terdiri dari para bapak, ibu dan anak anak. Malam jam 22.00 jama ah disibukkan dengan agenda meraih kemuliaan lailatul qadr. Ada yg tilawah, dzikir, Shalat, Halaqah yang di pimpin ust Amirrudin, Lc. Pada sepertiga akhir malam semua bermunajat kepada Yang Maha Pengampun yang di Imami dengan kyusuk dengan lantunan Satu juz  Al-Qur’an. “Ya, kegiatan I’tikaf ini begitu berkesan bagi para jamaah,” imbuhnya.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?