Seminar Parenting SDIT Usamah

seminar parenting sdit usamahMengakhiri bulan syawal ini, SDIT Usamah menghelat seminar parenting pada Sabtu (22/7). Kegiatan yang bertempat di gedung Aisiyah, Kota Tegal tersebut dihadiri segenap dewan guru dan orangtua siswa dari kelas 1-6. Mengusung tema: “Fasilitasi Anak dengan Tontonan dan Tuntunan yang Ramah” menghadirkan seorang pembicara yang merupakan seorang ustadzah dan pemerhati anak asal kota Tegal, Asti Latifa Sofi, S.Hum.
Beliau menuturkan, orangtua seharusnya bisa beberapa langkah lebih maju dari anak, mengingat pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini. Karena kelak anak-anak kita akan bertebaran di muka bumi, maka mulai dari sekarang jadikan anak-anak kita sebagai pejuang di jalan Allah dalam kehidupannya. Bukan sekadar cerdas otaknya, tetapi diimbangi dengan kuatnya iman, ilmu,  dan ibadah. Beliau menuturkan setidaknya ada 4 hal yang menjadikan anak kelak memiliki masa depan yang cemerlang yakni, akidah yang kuat, jiwa yang hidup, otak yang cemerlang, dan keterampilan.
Beliau menuturkan dalam hal memfasilitasi anak dengan tontonan dan tuntunan yang ramah adalah dengan memilih tontonan yang baik dan sesuai dengan tahap perkembangan anak, anak tidak dibiarkan sendiri menonton televisi, meskipun itu adalah serial anak-anak kesukaannya, atau bila tidak memungkinkan untuk mendampinginya maka mematikan televisi  dirasa jauh lebih baik, karena selain kita mematikan televisi  sebenarnya  kita juga akan menghidupkan hati.
Selain perkembangan dunia pertelevisian yang kian tak terbendung, gadget pun turut berpengaruh pada perkembangan anak kita. Sebaiknya tidak memberikan gadget pada anak-anak dibawah usia 3 tahun. Kita bisa mempercayakan pengguaan gadget pada anak dengan pendampingan dan dengan beberapa ketentuan diantaranya:  Bisa mengail instight paradigma, merangsang untuk mengikuti dan menciptakan teknologi, mendukung aspek akademis, meningkatkan kemampuan berbahasa, mengurangi stress dan meningkatkan keterampilan matematis dan startegis.
Menurut Nurbaeti, S.TP. selaku Kepala SDIT Usamah, “kegiatan Seminar Parenting ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan satu kali dalam setiap semesternya. Harapannya dengan kegiatan semacam ini semakin memperkaya wawasan para orangtua siswa dalam memahami tiap tahap perkembangan anak-anaknya, sehingga bisa bersinergi dengan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan anak-anak mereka.”

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?