Serunya Bancakan ala SMP IT Usamah

Mengawali tahun ajaran baru 2019-2020 santri SMP IT Usamah Tegal Boarding School melaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah yang disebut MASTA (Masa Ta’aruf). Selama mengikuti MASTA santri dilatih untuk melaksanakan prinsip-prinsip selama di sekolah /pesantren yaitu Beriman dan Bertakwa pada Allah, mandiri, disiplin, sikap peduli, sopan, santun, berakhlakul karimah, kekeluargaan, serta menjalankan sunnah-sunnah sesuai ajaran Rasul.

Rangkaian kegiatan MASTA bertema “Asiknya Jadi Santri” berlangsung pada tanggal 15 – 20 Juli 2019. Acara yang terangkum dalam MASTA diantaranya pemberian materi Kepesantrenan kemudian dilanjutkan dengan Motivation Training Menjadi Santri Mandiri dan Berprestasi, sosialisasi peraturan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan games interaktif yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap respons dan saling mengenal sesama teman.

Di hari ketiga, para santri diajak out bond ke Pantai Alam Indah. Out bond ini juga diikuti pula oleh santri kelas VIII dan IX. Mereka berbaur dengan santri baru dan tampak akrab layaknya keluarga sendiri. Permainan-permainan seru diantaranya yaitu Menyusun gelas dengan tali, Membangun Istana Pasir, Estafet Air, Kaki Seribu, Merayap, Balap Karung, Simulasi Perang Badar.

Pada pekan MASTA diserahkan pula hadiah dan penghargaan pada para santri baru sebagai wujud apresiasi atas karakter-karakter terbaik yang muncul selama mengikuti kegiatan MASTA. Di hari Jum’at, 19 Juli 2019 selepas pelaksanaan Salat Jum’at semua santri putra dan putri dibentuk berkelompok. Menikmati makan siang bersama di daun pisang ala bancakan. Tampak ekspresi para santri yang menggembirakan dan saling akrab satu sama lain sembari makan bersama-sama.

“Alhamdulillah, santri-santri tampak menikmati bancakan makan siang yang tidak seperti kebiasaan makan siang sendiri-sendiri. Dengan adanya bancakan semoga diantara santri-santri baru semakin akrab dan makin betah untuk mondok di SMP IT Usamah,” papar Nurcholis, S.PdI, Kepala SMP IT Usamah.

Kegiatan MASTA hari terakhir diisi dengan adanya Grand Opening Bina Pribadi Islam dan penanaman pohon bersama di lingkungan SMP IT Usamah yang berlokasi di Jalan Industri, Kelurahan Panggung, Kec. Tegal Timur.

“Kami berharap Program MASTA ini siswa-siswi dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, menanamkan sikap disiplin, jujur, mandiri, dan peduli serta menumbuhkan tali persaudaraan yang kuat,” tambah Ketua Panitia Devi Aprillia,S.Pd.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?