SERUNYA WIDE GAME PRAMUKA SMP IT USAMAH

Kegiatan Pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti semua santri Pondok Pesantren Al-Qur’an SMP IT Usamah. Hari Jum’at (23/08//2019) santri dari kelas VII sampai kelas IX yang berjumlah 77 siswa mengikuti kegiatan Wide Game yang mengambil rute di sekitar lingkungan SMP IT Usamah yang berlokasi di Jalan Industri, Kelurahan Panggung, Kec. Tegal Timur.

Kegiatan Wide Game dirangkai dalam 3 pos yang harus dilalui semua santri. Pos 1 dan 3 mengambil tempat di lapangan sekolah, sedangkan Pos 2 bertempat di area sekitar pemakaman yang tidak jauh dari sekolah. Sebelum pemberangkatan masing-masing regu, Pembina Pramua Kak Sujimanto,S.Pd. menjelaskan tugas selama wide game. Pada pos pertama peserta di arahkan untuk mencari soal kepramukaan. Salah satu anggota menjadi pempimpin dan harus memimpin kelompoknya yang telah berbaris seperti ular yang ditutup matanya saat mencari soal. Setelah menemukan soal kemudian berdiskusi dengan kelompoknya untuk menjawab soal tersebut.

Pada pos kedua, peserta kelas 7 dan 8 diberi tugas menghafalkan Tri Satya, sedangkan kelas 9 dberi tugas membuat pengamalan dari Tri Satya. Kegiatan di Pos 3 yaitu bermain tebak peran dari sepuluh Dasa Darma yang sudah dihafalkan. Ketua kelompok memperagakan dan anggota menebak Dasa Darma keberapa yang diperankan ketua kelompok. Sedangkan kelas memaparkan kesepuluh Dasa Darma sesuai dengan tugas yang diberikan pada kelompoknya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pada santi dapat belajar  menerapkan Tri Satya dan Dasa Darma, serta mempererat solidaritas dengan sesama anggota Pramuka SMP IT Usamah,” jelas Kak Sujimanto,S.Pd.

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?