Simulasi Manasik Haji RA-TK Se Kota Tegal

DSC04548

Sabtu, 3 Oktober 2015 halaman RA IT Usamah terlihat berbeda dengan tampilan anak-anak yang menggenakan putih-putih.Hari ini ada kegiatan Simulasi Manasik Haji yang diikuti oleh seluruh RA dan TK se Kota Tegal. Siswa-siswi RA IT usamah terlihat semangat dalam menyambut kegiatan tersebut. Latihan Manasik haji TK dapat dipandang sebagai bentuk permainan, yaitu permainan peran yang mengasyikkan anak dimana anak pura-pura menjadi seorang muslim yang sedang melaksanakan ibadah terlengkap dalam agama Islam, karena dalam ritual haji meliputi pelaksanaan: Pengucapan Syahadatain, Sholat, Puasa dan zakat serta haji itu sendiri.

Ritual-ritual yang dilakukan anak dengan tuntunan dari ibu/bapak guru, walaupun hanya merupakan permainan peran, tetap merupakan aktivitas serius karena dapat dihayati dan membutuhkan kesungguhan dan konsentrasi. Seluruh aspek psikologi anak akan tersentuh, karena praktek manasik tersebut dilakukan dengan aktivitas fisik anak dengan secara urut dan teratur , aktivitas kognitif anak terstimulasi(terangsang) dalam bentuk mendengarkan, menghafal dan mengerti doa-doa serta urutannya, aktivitas sosial-afektif akan dipelajari dalam bentuk beraktivitas bersama-sama dengan teman-temannya dan berlatih untuk menerima aturan permainan, berlatih untuk mematuhi aturan-aturan yang diinformasikan guru, berlatih untuk memenuhi harapan orang lain dengan bertingkah-laku tertib dan berlatih tanggung-jawab, berlatih bersikap sosial seperti mengalah, tertib, toleran, membagi, berkorban dan sebagainya yang akan memacu sosialisasi anak. Dalam manasik, anak akan mengenal nilai-nilai moral dan agama praktis, anak akan mendapatkan pengalaman tentang perilaku-perilaku yang boleh dan yang tidak boleh dia lakukan, baik sesuai dengan agama maupun sesuai dengan tuntutan lingkungan.

Sebagai suatu aktivitas simulasi, aktivitas permainan pura-pura, maka manasik haji TK, sekalipun sederhana dan simpel bagaimanapun akan dapat memberikan dampak positif sebagaimana manasik haji yang sesungguhnya yang dilakukan para muslim dewasa.

DSC04546

Persiapan
DSC04554
RA IT Usamah masuk dalam kloter 6 dari Negara Brunei telah memasuki arena manasik dan menempati tempat yang telah disediakan sebagai Padang Arofah
DSC04553
Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh siswi RA IT Usamah
DSC04557
Simulasi sholat ashar
DSC04565
Melanjutkan perjalanan setelah sebelumnya Mabit di Muzdalifah dan Mina
DSC04566
Melempar Jumrah Aqobah

DSC04569
Melempar Jumrah Wusta

DSC04570
Melempar Jumrah Ula
DSC04574
Mencukur rambut/tahallul
DSC04577
Pelaksanaan Thawaf
DSC04575DSC04578
Melintas Maqom Ibrahim
DSC04586
Pelaksanaan Sa’i
DSC04587
Bukit Shafa
DSC04581
Menikmati air zam-zam

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?