Siswa Berlatih Wirausaha

marketDalam rangka kegiatan variasi pembelajaran, SDIT Usamah menggelar Market Day pada Rabu (12/4)
Kegiatan yang dihelat setahun sekali bagi siswa kelas 3 tersebut dilaksanakan di halaman SDIT Usamah. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang. Sehari sebelum kegiatan mereka berpromosi dg menempel brosur produk masing-masing, agar siswa SDIT yg lain mempersiapkan diri untuk agenda Market Day. Mereka menjajakan berbagai jenis makanan ringan pada setiap meja yang diberi batas antri di masing-masing stand. Setiap kelompok harus menjual makanan atau minuman yang berbeda supaya bervariasi, seperti: kentang goreng, sosis bakar, takoyaki, es krim, es cendol, es buah, dll

Yang menarik, ada kelompok yang memberikan souvenir stiker untuk pembelian kentang goreng. Harga makanan dan minuman relatif terjangkau yakni dari 1500- 2500. Ada pula yang mempercantik penampilan dengan memakai topi koki lengkap dengan celemek untuk menarik perhatian para pembeli yang tidak lain adalah siswa SDIT Usamah dan SMP Usamah.

Anak-anak tidak diajarkan menggunakan uang dalam proses jual beli ini, mereka menggunakan voucherdengan nilai minimal Rp 500,- yang didapatkan dari menukar uang sesungguhnya di bagian administrasi sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengontrol pemakaian anak dalam menggunakan uang jajan supaya tidak boros. Anak-anak melayani pembeli saat snack time yakni sekitar pukul 09.00.

Anak-anak terlihat bersemangat dan menikmati proses jual beli tersebut.

Kegiatan Market Day ini menurut Ustadzah Dyah Ayuningsih selaku penanggung jawab kegiatan, bagi siswa kelas 3 bertujuan untuk,pertama menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Kedua untuk menanamkan kerjasama antar teman. Ketiga untuk membisakan kemandirian. Bagi siswa lain sebagai pembeli yang mana tidak luput mendapat bagian positif kegiatan ini, diantaranya untuk: Melatih budaya antri saat membeli, melatih kesabaran melalui budaya antri tersebut, melatih rasa saling menghargai dan menghormati antar teman.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?