Siswa SDIT Usamah Berlatih PBB bersama TNI

SDIT Usamah Kota Tegal menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada awal Tahun Ajaran baru 2022-2023. Kegiatan MPLS dilaksanakan selama 3 hari dari Kamis (14/7) hingga Sabtu (16/7). Kegiatan MPLS dibuka dengan Opening Ceremony di lapangan sekolah. Acara pembukaan dimeriahkan dengan tampilan sulap dan pelepasan balon.

Di hari kedua MPLS, sekolah mengadakan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bersama personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Mengenakan seragam pramuka lengkap, siswa-siswi kelas IV-VI berkumpul di lapangan sekolah untuk berlatih berbagai gerakan baris berbaris.

Para siswa fokus mengikuti intruksi yang diberikan oleh para pelatih dari TNI. Latihan PBB ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme bagi siswa. Lewat kegiatan ini, siswa juga dilatih untuk bekerjasama serta menumbuhkan rasa setia kawan.

“Kami berharap, dari latihan PBB yang dipimpin oleh Pak Slamet dan Pak Harto dari TNI ini, anak-anak bisa menumbuhkan sikap disiplin, tangkas, dan bertanggung jawab,” ungkap Oki Bayu Wibowo, S.Pd. selaku Waka Kesiswaan. Setelah berlatih PBB, para siswa dibekali dengan materi wawasan kebangsaan.

Bagi siswa kelas II dan III, MPLS diisi dengan toilet training. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih siswa agar lebih mandiri saat pergi ke toilet, mengenalkan tentang najis, dan menjaga kebersihan. Selain toilet training, siswa juga antusias mengikuti kegiatan mewarnai, dan meronce bersama.

Di hari terakhir pelaksanaan MPLS, sekolah mengadakan kegiatan dongeng bertema ‘Bahaya Gadget’ bersama Kak Tedi Kartino dari Kampung Dongeng Tegal. Siswa diberi kesempatan untuk mengisi angket kuesioner sharing mengenai dampak buruk penggunaan gadget.

“Di samping bermanfat sebagai alat komunikasi dan informasi, gadget juga bisa memberikan pengaruh negatif bagi siswa. Anak-anak perlu kita awasi dan diarahkan agar lebih bijak dalam penggunaan gadget, salah satunya lewat cerita yang mengedukasi,” imbuh Oki.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?