Siswa SDIT Usamah mengikuti CampUs dan Pesta Siaga

Siswa kelas V dan VI SDIT Usamah Kota Tegal melaksanakan CampUs atau perkemahan pada Jum’at dan Sabtu, 19-20 Agustus 2022. CampUs dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pantai Alam Indah (Bumper PAI) Kota Tegal. Terdapat 10 regu penggalang putra dan 10 penggalang putri yang mengikuti kegiatan ini.

Acara diawali dengan upacara pembukaan. Dalam laporannya, Teguh Ariyanto, S.Pd. selaku Koordinator kegiatan menyampaikan tema yang diusung pada CampUs tahun ini adalah ‘Mewujudkan Pramuka sebagai Generasi Qur’ani yang Berbakti pada Negeri’.

Selesai upacara, para peserta CampUs mulai mendirikan tenda. Setiap regu menghias tenda sedemikian rupa untuk nantinya dinilai oleh para juri lomba. Peserta juga mendapatkan materi P3K dari petugas PMI, Nona Florida Margaretta Parera dan materi kesehatan dari Zee.

Setelah ishoma, peserta mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan oleh panitia. Lomba yang bisa diikuti antara lain lomba hasta karya membuat rak buku dari kardus, membuat makanan dengan bahan dasar ubi, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Al Qur’an, dan menyantolkan caping.

Setelah sholat isya, peserta mengikuti kegiatan api unggun. 10 penggalang menyalakan api secara estafet dengan membacakan Dasa Darma Pramuka, kemudian menyalakan api unggun bersama-sama. Berikutnya, seluruh peserta menuju pendopo untuk mengikuti haflah atau pentas seni. Beberapa kreasi yang ditampilkan antara lain parade tongkat/bendera, parodi iklan, gerak dan lagu daerah, drama islami, serta puitisasi Al Qur’an.

Sabtu dini hari, para peserta penggalang melaksanakan sholat malam atau Qiyamul Lail. Kegiatan dilanjutkan dengan wisata malam di area bumper. Setelah sarapan dan membersihkan diri, mereka mengikuti kegiatan wide game. Ada 7 pos yang harus dilewati, yaitu pos semaphore, Peraturan Baris Berbaris (PBB), pionering, sandi, pos Al Qur’an dan sirah Nabi, panca indra, dan pos ketangkasan.

Bedol tenda dilaksanakan siang hari setelah ishoma, dilanjutkan dengan upacara penutupan. Dari seluruh kegiatan yang diikuti peserta, panitia mengakumulasikan perolehan nilai tiap regu. Para juara diumumkan setelah pelaksanaan upacara.

Selain CampUs bagi penggalang, SDIT Usamah Kota Tegal juga mengadakan Pesta Siaga bagi siswa kelas III dan IV. Pesta siaga dilaksanakan pada hari Jum’at (19/8) di lokasi yang sama dengan CampUs. Peserta siaga mengikuti wide game dengan melewati 6 taman, yaitu taman pengetahuan umum, scouting skill, taman siaga hebat, PBB, keagamaan, dan bumbung kemanusiaan.

Berbeda dengan penggalang yang bermalam di bumper, peserta siaga hanya mengikuti kegiatan sampai siang setelah wide game. “Dari kegiatan Pesta Siaga ini, kami berharap siswa mampu mengamalkan Dwisatya dan Dwidarma Pramuka. Mereka dapat menjalankan kewajiban sebagai hamba, warga negara, dan berbakti kepada orangtua,” tutur Ikhfi Roymatul Khikam, S.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?