Siswa SDIT Usamah Praktek Membuat Tahu Aci

Kamis (19/5), Siswa kelas IV SDIT Usamah Kota Tegal mengadakan variasi pembelajaran membuat tahu aci. “Kami ingin mengenalkan siswa pada makanan khas Tegal, yaitu tahu aci. Dari kegiatan ini siswa bisa mengetahui proses pembuatan tahu aci dengan alat sederhana dan higienis,” ungkap Suci Nurkhasanah, S.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat berwirausaha dalam sektor industri kecil, melatih kerjasama para siswa, mengembangkan keterampilan membuat produk dari bahan mentah hingga siap saji, serta memberdayakan industri rumahan di lingkungan sekitar.

Selama proses kegiatan, siswa didampingi oleh para guru dan mendapatkan arahan dari pengusaha home industry tahu aci, Maria Adity, S.Pd., M.Pd.

Siswa membawa peralatan membuat tahu dari rumah, sedangkan bahan-bahan disediakan dari sekolah. Peralatan yang digunakan yaitu ulekan, pisau, loyang kotak, ember, alat press tahu, kompor, panci, dan penggorengan. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain kedelai, air, cuka, tepung kanji, garam, daun kucai, lada, dan minyak goreng.

Proses pembuatan tahu aci dilakukan di lapangan sekolah. Setiap kelompok siswa mendapatkan giliran untuk menggiling kedelai. Setelah digiling, kedelai direbus sambil diaduk sampai mendidih. “Bakal tahu diberi cuka/larutan untuk memisahkan endapan tahu dengan air. Setelah itu, endapan tahu dipress hingga padat menjadi tahu,” tutur Maria Adity.

Selesai membuat tahu, siswa selanjutnya membuat adonan aci dari tepung kanji. Adonan dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan dari bawang putih, garam, dan lada. Adonan kemudian diberi daun kucai yang sudah dipotong-potong.

Proses terakhir dari pembuatan tahu aci adalah menempel tahu dengan adonan aci. Tahu aci lalu digoreng dan siap dikonsumsi.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?