SISWA SMPIT USAMAH BERTEGUR SAPA MELALUI MASTA ONLINE

Masa Ta’aruf Siswa atau yang lebih dikenal dengan MASTA di tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tepatnya pada hari Seni – Rabu (1-3/07/2020) MASTA berlangsung. MASTA online menjadi pilihan di era pandemi covid-19 yang belum berakhir di Indonesia. Walupun Kota Tegal sudah dianggap sebagai zona hijau, tetapi Sekolah Menengah Pertama di Kota Tegal baru diperbolehkan untuk tatap muka pada tanggal 1 Agustus 2020. Sementara itu aktivitas pembelajaran dari tanggal 13 Juli 2020 dilakukan secara online, termasuk MASTA SMPIT Usamah. Adapun tema MASTA pada tahun ini adalah Bumikan Langkah, Langitkan Do’a, dan Raih Cita-Cita.

Peran MASTA sangat penting bagi santi dan santriwati baru, karena ini sebagai momen mereka untuk mengenal lebih dekat tentang SMPIT Usamah di awal pertemuan. Program MASTA Online yang dilaksanakan selama 3 hari dengan mengandalkan program cannel youtube SMPIT Usamah dan SIT Usamah serta aplikasi Google Meet. Di hari pertama, MASTA menampilkan video melalui cannel youtube yaitu sambutan dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Kesiswaan, Kehumasan, sekaligus ma’rifatul maydan. Di hari kedua santri dan santriwati diajak untuk ta’aruf bersama menggunakan aplikasi Google Meet. Di hari ketiga santri dan santriwati kembali diajak untuk melihat video melalui youtube cannel. Adapun dihari tersebut video yang ditampilkan meliputi pengenalan guru dan karyawan SMPIT, sosialisasi do’a sebelum belajar, sosialisasi peraturan kelas, dan tutorial kepesantrenan.

“Berbahagialah karena antum sekarang bukan lagi anak SD tetapi sudah masuk tahapan SMP.” ”Hari ini masa pengenalan baru, ustadz dan ustdazah akan menyampaikan apa-apa yang harus dilakukan, kita harus berubah,” ujar Ustadz Kholis, Kepala SMPIT Usamah (13/7/2020).

Pesan-pesan yang disampaikan di dalam MASTA sangat baik untuk diterapkan oleh santri dan santriwati. Respon dari santri dan santriwati juga sangat positif, hal ini dapat diketahui dari respon mereka yang dsampaikan secara online baik melalui group whatsap maupun komentar pada cannel youtube. Harapan dari SMPIT Usamah tentang MASTA online ini adalah santri dan santriwati baru dapat mempersiapkan diri secara mantap agar proses pembelajaran yang akan dilaksanakan selama tiga tahun ke depan berjalan dengan lancar.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?