SIT Usamah Berbagi Kebahagiaan Dengan Qurban

kurban-2

Dalam momentum Idul Adha 1437 H, sekolah-sekolah di kota Tegal melakukan kegiatan penyembelihan hewan qurban di area sekolah. SIT Usamah tak ketinggalan menggelar qurban yang dilaksanakan pada Selasa, 13 september 2016.

SIT Usamah yang terdiri dari 3 unit pendidikan, dari jenjang PAUD, SDIT hingga SMP IT serentak melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan yang dimulai usai melaksanakan sholat ied tersebut berlangsung seru.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun. Selain sebagai kegiatan tahunan, ada makna mendalam yang terdapat dalam kegiatan qurban, diantaranya:

  • 1. Merupakan pencerah jiwa karena dengan berqurban berarti jiwa kita terhubung dengan ketaqwaan kepada Allah SWT;
    2. Dapat memupuk keikhlasan, kejujuran dan kesabaran yang membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya juga mencintai makhluk ciptaanNya.
    3. Mempererat tali persaudaraan kepada sesama manusia serta sikap solidaritas yang tinggi; dan
    4. Memperkuat keteguhan hati dan jiwa dalam diri kita.
  • Semua makna qurban di atas harus dicermati dan diperhatikan baik-baik karena sungguh berqurban berarti pendekatan kita kepada Allah SWT. Sikap iman dan taqwa juga meliputi itu semua. Kesadaran dalam jiwa yang menumbuhkan sikap iman dan taqwa dalam diri kita dengan makna-makna tersebut.

    Pembelian hewan qurban tersebut merupakan hasil infaq qurban siswa dan wali murid SIT Usamah, hal ini dilakukan untuk mengajarkan berqurban sejak dini. Total uang qurban PAUD dan SMP IT sebesar Rp 17.194.900 (tujuh belas juta seratus sembilan puluh empat ribu sembilan ratus rupiah) dan diperoleh 1 sapi 7 kambing. Total hewan qurban untuk SDIT Usamah adalah, 2 sapi 9 kambing.

    Panitia qurban SDIT Usamah mengumpulkan daging hewan qurban yang sebelumnya telah disembelih di rumah jagal tidak jauh dari kampus SDIT Usamah, jalan surabayan, panggung untuk kemudian membungkusnya dalam kantong plastik. Di tempat yang berbeda yakni panitia qurban PAUD dan SMP IT Usamah tampak semangat saat memotong hewan qurban, dibantu para santri SMP IT Usamah Boarding School yang nampak cekatan dan tak sungkan memegang langsung daging-daging itu.

    Tercatat ada total 1.300 (seribu tiga ratus) bungkus daging qurban yang kemudian dibagikan kepada sebagian besar warga di wilayah kecamatan Tegal Timur, Tegal Barat dan Tegal Selatan.
    Daging qurban dibagikan dengan cara door to door, panitia mendatangi langsung rumah-rumah warga untuk menyerahkan daging qurban tersebut.

    Terlihat rona bahagia yang terpancar dari warga. Kebahagiaan pun tercipta, bukan hanya dari sang penerima, namun sang pemberi pun merasakan kebahagiaan yang tak terkira. Karena sesungguhnya kebahagiaan dapat tercipta saat kita mampu berbagi dengan orang lain.

    “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kalianlah yang dapat mencapai-Nya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kalian supaya kalian mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kalian. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik”, (Q.S Al Hajj: 37).

    Dalam menyampaikan nilai qurban kepada Allah adalah nilai ikhlas dan taqwa seseorang, bukan dari besar atau kecilnya hewan qurban itu.
    Termasuk bagi para siswa, wali murid dan panitia yang sudah mengorbankan materi, waktu bahkan tenaga untuk menyukseskan acara qurban, semoga Allah SWT membalas dengan sebaik-baiknya balasan.

    Please follow and like us:

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    × Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?