SMP IT Usamah Hiking ke Curug Cantel

IMG_4296(23/3) Dalam rangka mengisi waktu setelah UTS (Ulangan Tengah Semester) santri SMP IT Usamah Hiking ke Curug Cantel, Bumijawa.  Pemberangkatan dimulai pagi hari pada pukul 07.30 dari kampus SIT Usamah menuju Wisata Alam Curug Cantel .  Perjalanan ditempuh selama 2 jam menggunakan mobil.

Hujan lebat sempat mengiringi perjalanan mereka tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka. Setelah sampai di tempat pemberhentian, mereka berkumpul di lapangan dan memulai perjalanan menuju curug cantel.  Perjalanan yang memakan waktu 1 jam jalan kaki tersebut merupakan perjalanan panjang, mereka harus melalui daerah perbukitan,  dimana terdapat hutan pinus dan kopi, kemudian aliran sungai yang terdapat bebatuan hingga sampai di curug cantel.  Perjalanan cukup terjal, dengan track yang masih alami, namun masih aman untuk anak-anak, mereka menggunakan sepatu gunung yang aman lengkap dengan jas hujan, dibantu dengan tali mereka menuruni bukit tentunya didampingi oleh para pendamping yang merupakan guru mereka di sekolah dan asrama.

IMG_4196Anak-anak tidak manja, ditunjukkan dengan sikap yang semangat dan tidak ada keluhan selama perjalanan. Ukhuwwah mereka begitu terlihat, antara sesama santri dan pendamping, mereka berbagi makanan dan minuman. Menurut Nurcholis, S.Pd.I selaku Kepala SMP IT Usamah, “Salah satu karakter yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah Qowiyul jism artinya memiliki fisik yang kuat.” Karakter ini termasuk ke dalam 10 Muwashofat Tarbiyah atau 10 karakter yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Dalam HR. Muslim, Rasulullah SAW pun pernah berujar bahwa “Mukmin yang kuat lebih aku cintai daripada mukmin yang lemah“, untuk itu dalam melaksanakan ajaran Islam yang optimal harus memiliki fisik yang kuat.  Anak sholeh dan sholeha diajak untuk merenungi  kebesaran ciptaan Allah SWT.

Disana mereka disuguhi pemandangan luar biasa, air terjun  dengan tinggi 100 meluncur deras. Anak-anak tampak senang, takjub dan antusias. Melihat pemandangan dari atas bukit, menikmati percikan air terjun yang menyegarkan. Perjalanan panjang yang cukup terjal yang telah berlalu seakan tidak terasa dan terbayarkan dengan keindahan yang ada.  Kegiatan tersebut diharapkan membuat keimanan mereka kepada Allah SWT semakin meningkat dan tentu saja pengalaman yang sudah mereka lalui akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, selain itu, mereka diajak untuk memperhatikan lingkungan sekitar, salah satu caranya dengan menyimpan bekas bungkus makanan terlebih dulu, dan membIMG_4251uangnya nanti saat menemukan tempat sampah.

“Jika kita baik terhadap lingkungan, menjaganya, melindunginya, maka lingkungan pun akan baik pada kita, memberikan oksigen yang baik untuk kita dan tentu saja memberikan manfaat luar biasa melalui pemanfaatan dari tanaman yang ada,” ujar Nurcholis. Kegiatan yang melelahkan sekaligus menyenangkan ditutup dengan Sholat Ashar berjamaah di mushola terdekat sebelum akhirnya mereka pulang kembali ke Kampus SIT Usamah.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?