SMPIT Usamah adakan Usamah Leadership Camp 2022

Dalam rangka memperingati bulan Pramuka, SMPIT Usamah mengadakan kegiatan perkemahan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam di kawasan wisata Bukit Tangkeban kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang yaitu pada tanggal 25-27 Agustus 2022.

Kegiatan perkemahan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi mulai dari kelas VII, VIII, dan IX dengan total peserta 89 anak.

Dalam kegiatan perkemahan ini, Kakak Pembina selaku panitia dalam melaksanakan kegiatan dibantu oleh Panitia kecil yang beranggotakan anak-anak dari kelas IX. Mereka diajarkan untuk menjadi panitia dalam sebuah acara. Mulai dari persiapan saat pemberangkatan, penyampaian materi pada peserta kelas VII dan VIII, pengkondisian peserta, hingga memastikan keberjalanan agenda. Hal ini dilakukan dalam upaya membekali anak-anak kelas IX untuk siap terjun menjadi panitia kegiatan.

Kegiatan perkemahan yang diberi nama Usamah Leadership Camp dengan tema “Be Backpacker Moslem” merupakan singkatan dari Be Brave Active Creative Disciplinee Care Kind Responsibility Moslem. Tema ini mengandung makna agar siswa-siswi mampu menjadi seorang muslim yang memiliki jiwa berani, aktif, kreatif, disiplin, peduli, serta bertanggung jawab.

Kamis, (25/8). Diawali dengan pemberangkatan. Untuk menuju tempat perkemahan, peserta harus melakukan perjalanan selama 2 jam. Tepat pukul 10.00 tiba di Bukit Tangkeban dan langsung mendirikan tenda. Upacara pembukaan dilaksanakan ba’da dhuhur dan dilanjutkan dengan materi PBB. Dalam materi PBB disampaikan langsung oleh TNI-AD dari KODIM 0712 Tegal. Agenda berlanjut dengan Malam Ukhuwah (malam persaudaraan). Peserta ditugaskan untuk membuat jamuan untuk tamu yang akan berkunjung ke masing-masing tenda. Kemudian dilanjut dengan Nobar film (Nonton Bareng) dan istirahat. Pukul 03.30 peserta dibangunkan untuk melaksanakan sholat malam, sholat subuh berjama’ah, dzikir pagi, dan dilanjut dengan olahraga yang dipimpin oleh Panitia Kelas IX.

Jum’at, (26/8). Agenda dilanjutkan dengan Wide game. Peserta harus menyelesaikan 6 Pos untuk bisa kembali ke perkemahan. Mulai dari pos pemberangkatan menggunakan semaphore, pos kepramukaan, pos PBB, pos tali temali, pos sandi, dan diakhiri dengan outbond yaitu peserta diharuskan turun tebing menggunakan seutas tali. Wide game berakhir sebelum sholat Jum’at. Agenda dilanjutkan dengan sholat Jum’at untuk peserta putra dan sholat dhuhur berjama’ah untuk peserta Putri. Malam harinya, puncak agenda yaitu Apel Api Unggun Dasa Dharma dan dilanjutkan dengan pentas seni masing-masing regu.

Sabtu, (27/8). Pukul 02.00 peserta dibangunkan untuk melakukan perjalanan malam. Dilanjut dengan sholat malam berjama’ah, muhasabah dan diakhiri dengan sholat subuh berjama’ah serta dzikir pagi bersama. Sebelum upacara penutupan, peserta melakukan bedol tenda dan mengumpulkan perlengkapan ke panitia. Tepat pukul 10.00 acara Usamah Leadership Camp selesai dan kembali menuju sekolah.

“Pada Usamah Leadership Camp tahun ini, adik-adik akan diajarkan untuk bagaimana bisa hidup dalam keterbatasan, hidup sederhana, pantang menyerah, kompak, serta mampu menghormati orang lain.” Ujar Nurcholish selaku Kamabigus Pangkalan SMPIT Usamah.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?