Try Out SMP IT Usamah

Sukses Ujian dengan Taqwa dan Kejujuran

TRY OUTDalam rangka menyukseskan Ujian Nasional (UN) pada bulan Mei 2017 mendatang, SMP IT Usamah memfasilitasi try out untuk siswa SD/MI yang ada di kota dan kabupaten Tegal.

Ratusan siswa perwakilan SD/MI di kota dan kabupaten Tegal mengikuti try out yang dihelat di Kampus SIT Usamah Jalan Surabayan RT 01/14, Panggung, Kota Tegal (12/2).

Peserta sangat antusias saat mengerjakan soal try out yang dimulai pada pukul 07.30 dan berakhir pada 09.30 WIB. Tujuan diadakannya try out ini menurut Nurcholis, S.Pd.I selaku Kepala SMPIT Usamah antara lain, untuk mengukur kemampuan siswa SD/MI dalam mempersiapkan Ujian Nasional, penguatan motivasi dan muhasabah diri melalui seminar motivasi, silaturrahim antar peserta dengan sekolah lain, latihan mengisi LJK (Lembar Jawaban Komputer).

Selesai mengerjakan soal try out, peserta diajak untuk menyegarkan kembali pikiran dengan menikmati snack yang ada, serta mencairkan suasana dengan kegiatan ice breaking yang menghibur untuk kemudian mengikuti seminar motivasi UN bersama Ali Irfan di Aula Masjid SIT Usamah.

Beliau menyampaikan tips dan motivasi sukses UN. “Kalau ingin sukses Ujian Nasional maka bersihkan hati dan pikiran, minta ridho orangtua, guru dan teman-teman setingkat” begitu tutur Ali Irfan. “Belajarlah dengan rutin sedikit demi sedikit, jangan biasakan belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS”), imbuhnya.

Try out diharapkan tidak hanya sebagai pengukur kemampuan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UN tetapi lebih dari itu, sebagai motivasi dalam mengerjakan UN dengan penuh kejujuran” lanjut Nurcholis, S.Pd.I.
“Untuk apa nilai tinggi namun tidak jujur, lebih baik nilai tinggi dan berakhlak baik, jadi harapannya dengan kegiatan ini akan tumbuh semangat anak-anak untuk belajar lebih giat lagi dan bertaqwa kepada Allah SWT apapun hasilnya nanti”, imbuhnya.

Ada 3 mata pelajaran utama yang diujikan, diantaranya: Matematika, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam. Peringkat 30 besar peserta try out berhak atas beasiswa masuk SMP IT Usamah, hasil try out tersebut akan diberikan melalui sekolah masing-masing. Pemberian Tropy juara dan sertifikat akan diberikan pada sabtu mendatang di Kampus SIT Usamah. Try out ini diharapkan pula menjadi ajang pembentukan karakter (character building) para peserta yakni mengenai kejujuran dan bertaqwa kepada Allah SWT setelah semua upaya dilakukan.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?