Verifikasi Persiapan PTM di SDIT Usamah

Rabu (6/10) SDIT Usamah Kota Tegal diverifikasi dalam rangka persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Sebelumnya, SDIT Usamah telah mengajukan verifikasi untuk mendapatkan ijin dari Disdikbud Kota Tegal.

Tim verifikasi dari UPPD Kecamatan Tegal Timur yang meninjau berjumlah 2 orang, yaitu Retnowati, M.Pd. dan Sri Heraningsih, S.Pd., M.Si. Beberapa daftar periksa yang dievaluasi dalam proses verifikasi antara lain ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, ketersediaan fasilitas kesehatan, pemetaan warga satuan pendidikan yang rentan, jumlah siswa, guru dan staf yang memiliki sarana pembelajaran, kondisi kesehatan siswa, guru dan staf, pola pembelajaran yang dikehendaki, serta persetujuan orangtua dan kesepakatan bersama komite sekolah terkait pembelajaran tatap muka.

Beberapa persyaratan untuk verifikasi PTM telah dipenuhi, seperti pembentukkan tim Satgas Covid-19. Tim Satgas Covid-19 yang terdiri dari 15 orang dibagi dalam 3 unit, yaitu tim pembelajaran, psikososial, dan tata ruang, tim kesehatan, kebersihan, dan keamanan, serta tim pelatihan dan humas.

SDIT Usamah Kota Tegal juga telah menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung protokol kesehatan, di antaranya wastafel dan kelengkapan mencuci tangan, hand sanitizer di setiap ruang, disinfektan, masker, tanda/rambu penerapan protokol kesehatan, serta thermogun.

Selain menyediakan sarana dan prasarana sesuai protokol kesehatan, sebanyak 56 guru dan staf SDIT Usamah serta 15 siswa yang telah berusia 12 tahun telah melaksanakan vaksinasi. Lewat pengisian surat pernyataan, orang tua telah menyetujui pelaksanakan pembelajaran tatap muka bagi putra-putri mereka.

“Alhamdulillah, atas kerjasama tim Satgas Covid-19 serta para guru dan staf, verifikasi berjalan dengan lancar.
Kami berharap SDIT Usamah bisa segera melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, sehingga kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lebih efektif,” ungkap Nurbaeti, S.T.P., S.Pd. selaku Kepala SDIT Usamah.

Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pembelajaran tatap muka terbatas SDIT Usamah salah satunya adalah memastikan lingkungan sekolah dalam keadaan bersih dan sehat. SOP juga ditujukan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, serta peserta didik untuk memastikan standar kesiapan dalam rangka mengikuti pembelajaran di sekolah.

Pelaksaan verifikasi persiapan pembelajaran tatap muka terbatas SDIT Usamah Kota Tegal mendapatkan respon baik dari tim verifikator.

“Dari sarana dan prasarana yang tersedia serta kesiapan para guru, SDIT Usamah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. Tinggal menunggu keputusan dari gugus covid,” ungkap Retnowati, M.Pd.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?