Walimurid SDIT Usamah Antusias Ikuti Seminar Parenting

Minggu (2/10), SDIT Usamah Kota Tegal menyelenggarakan Seminar Parenting bagi walimurid. Mengusung tema ‘Peran Orangtua Menyiapkan Buah Hati Cinta Al Qur’an, Menggapai Sukses di Masa Depan’, seminar ini dihadiri oleh orangtua siswa SDIT Usamah kelas I-VI serta beberapa tamu undangan dari TK. Sekira 430 orang hadir dalam acara ini.

Seminar dilaksanakan di Gedung Aula Puspita Poltrans Kota Tegal. Berlangsung dari pukul 07.30-11.30 WIB acara berhasil menarik antusias para tamu. Kegiatan diawali dengan tilawah Surat An Naziat yang dibawakan oleh siswa siswi kelas II, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Perwakilan siswa kelas VI berkesempatan membawakan puitisasi Al Qur’an Surat Al Ma’un.

Usai pembacaan do’a, para tamu khusyu’ mendengarkan pengisian materi parenting yang disampaikan oleh Ayah Irwan Rinaldi. Beliau memaparkan, dalam pengasuhan anak diperlukan loving (mencintai), coaching (membimbing), dan modelling (menjadi teladan).

“Sebagai orangtua, kita perlu meluangkan waktu khusus untuk anak dan mendidik mereka sesuai dengan tahap perkembangannya. Menjadi teladan dengan menyesuaikan antara ucapan dan perbuatan, serta dipatuhi karena cinta bukan karena rasa takut,” paparnya.

Irwan Rinaldi merupakan pengelola sekolah Komunitas Kebon Maen di Cibinong, Jawa Barat. Pernah bergabung dengan Yayasan Kita dan Buah Hati (Bunda Elly Risman), Yayasan Kak Seto, dan Yayasan Langkah Kita, Ayah Irwan aktif dalam sosialisasi mengenai pentingnya peran ayah dalam pengasuhan anak. Alumni Universitas Indonesia dan Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara ini juga telah menulis beberapa buku bacaan anak, menciptakan lagu-lagu parenting, menulis skenerio acara anak di TV, serta turut berperan dalam beberapa film keluarga.

Kegiatan seminar parenting bertujuan untuk memberikan panduan kepada orangtua terkait pengasuhan dan bimbingan terhadap putra putrinya. Selain mendapatkan pendidikan di sekolah dari para guru, orangtua juga memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan anak.

“Kami berharap lewat acara seminar parenting ini, sekolah dan orangtua bisa bekerjasama untuk menciptakan keteladanan bagi anak-anak, mengarahkan mereka menjadi pribadi yang sholih sholihah dan berkarakter,” ungkap Nur Retno Setyoningrum S.Pd. selaku ketua panitia.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?