YRU Gelar Santunan Anak Yatim dan Resmikan Baitulqur’an Ukhuwah

Yayasan Ribathul Ukhuwah Kota Tegal yang menaungi lembaga p endidikan dari tingkat PAUD sampe SMP, kini memberikan layanan baru dengan membentuk lembaga pendidikan nonformal Baitulqur’an Ukhuwah yang berlokasi di Jln. Waringin Gang 9 Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur.

Acara peresmian Baitulqur’an Ukhuwah (BAQU) berlangsung pada Sabtu (4/9/2021) bertepatan dengan 26 Muharram 1443 H. Sebelum acara pembukaan dimulai, terlebih dahulu diadakan khotmil Qur’an yang diikuti oleh santri BAQU. Dalam acara tersebut hadir Pengurus Yayasan Ribathul Ukhuwah, Manejemen YRU, Kepala Badko Kota Tegal, Santri BAQU, Ketua RW-RT setempat, anak yatim dan walinya.

“Alhamdulillah, bersyukur sekali pada hari ini Baitulqur’an Ukhuwah telah diresmikan, dan semoga saya sanggup mengemban amanah yang diberikan oleh yayasan, kami berharap doa dan dukungan dari semua pihak, terutama bapak/ibu warga sekitar sini agar semakin banyak yang mempercayakan putra/putrinya untuk belajar Al-Qur’an di sini. Alhamdulillah saat ini sudah ada 14 santri yang telah mengikuti pembelajaran di BAQU sejak tanggal 1 Agustus 2021,” papar ustadzah Sugiarti, Kepala BAQU.

Peresmian BAQU tersebut dilaksanakan bersamaan dengan pemberian santunan anak yatim. Adapun ada 24 anak yatim yang mendapatkan santunan, dan pada hari tersebut 6 anak hadir untuk mewakili semua penerima santunan untuk menghindari adanya kerumunan masa. Sedang anak-anak yatim yang lain akan menerima santunan pada Senin (6/9/2021) yang dijadwalkan secara bergiliran.

“Menolong anak-anak yatim adalah salah satu akhlak mulia yang diajarkan Rasulullah SAW. Dalam suatu hadist Rasulullah menyampaikan Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini,” kemudian Beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkan keduanya,” papar Ustadz Ghusni Darojatun, Dewan Pembina YRU.

Adanya Baitulqur’an ini semoga menjadi salah satu wasilah kebaikan bagi Yayasan Ribathul Ukhuwah untuk semakin memberikan banyak layanan pada umat khususnya di wilayah Kota Tegal. Dengan adanya BAQU akan menjadi sarana untuk anak-anak maupun orang dewasa yang ingin belajar dan menghafal Al-Qur’an, tambah ustadz Ghusni.

Dana donasi santunan diperoleh sejumlah kurang lebih Rp. 16.565.000 yang berasal dari walimurid SIT Usamah, BAQU dan donatur lainnya. Santunan anak yatim yang diterimakan berupa paket sembako dan uang tunai untuk sejumlah 24 anak dan 10 dhuafa.

“Kami sampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya pada ayah, bunda, walimurid SIT Usamah dan semua donatur yang telah membantu berjalannya acara ini, semoga Allah memberikan sebaik-baik balasan,” ungkap Diani, Humas YRU – SIT Usamah.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Powered by WhatsApp Chat

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?