Ajarkan Pentingnya Ilmu Lewat Kuliah Dhuha

Jum’at (16/9) siswa-siswi SDIT Usamah Kota Tegal melaksanakan kegiatan kuliah dhuha. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dari kelas III-VI didampingi oleh para guru. Kuliah dhuha merupakan bagian dari program kesiswaan yang rutin dilaksanakan setiap pekan.

Kegiatan dimulai pukul 07.15 WIB. Sebelum mengikuti pembelajaran di kelas, para siswa melaksanakan sholat dhuha berjamaah dilanjutkan dengan pengisian kuliah dhuha. Pelaksanaan sholat dan kuliah dhuha berlangsung di masjid sekolah. Siswa putra berkumpul di masjid lantai bawah dan siswa putri di masjid lantai atas.

Materi kuliah dhuha disampaikan oleh pengampu Pendidikan Agama Islam (PAI) SDIT Usamah, Ustadz Atep Supriatna, S.Pd.I. Ia menerangkan tentang pentingnya menuntut ilmu bagi para siswa sebagai bekal di masa depan.

“Pentingnya menjadi orang yang beriman dan berilmu adalah agar menjadi manusia yang bermanfaat dan bernilai. Niatkan menuntut ilmu sebagai jalan keridhoan dari Allah untuk mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat. Karena sesuatu yang biasa saja bisa berubah menjadi luar biasa karena ilmu (belajar),” tuturnya.

Agenda sholat dan kuliah dhuha di sekolah bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam ilmu agama. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk karakter siswa untuk membiasakan diri melaksanakan ibadah sunnah.

“Anak-anak bisa belajar disiplin dengan berangkat lebih pagi dan melaksanakan shalat dhuha. Mereka juga dilatih untuk istiqomah dengan menerapkan amalan-amalan baik yang rutin dilaksanakan saat berada di sekolah,” ungkap Teguh Casrito, S.Pd. selaku Sie Kesiswaan.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu?